Pages - Menu

Pages

Senin, 17 Maret 2014

Bouyancy

Gaya apung adalah semua gaya - gaya yang bekerja keatas pada sebuah benda yang terapung yang dihasilkan oleh tekanan dari cairan akibat gaya berat benda tersebut.
Titik pusat gaya apung pada kapal disebut titik B ( Center of buoyancy ) 
Titik B pada kapal juga merupakan titik berat dari bagian / badan kapal yang terbenam di dalam air. 
Letak titik B akan berubah ketika draft kapal berubah ataupun kapal mengalami kemiringan akibat pengaruh gaya dari luar.
Besarnya gaya apung kapal adalah sama dengan displacement kapal 


1. Letak titik B dari lunas kapal :
Untuk kapal yang berbentuk kotak :

KB = 0,5 x draft kapal


2. Untuk kapal yang berbentuk segi tiga :

KB = 0,67 x draft kapal


3. Untuk kapal yang berbentuk biasa :

KB = 0,53 x draft kapal

Daya apung cadangan adalah volume ruangan yang kedap air yang berada diatas garis air. Daya apung cadangan bisa diartikan sebagai prosentase dari total seluruh volume kapal.

Contoh Soal : 

Sebuah kapal kotak mempunyai panjang 105 m lebar 30 m dan tinggi 20 m mengapung tagak lurus di air tawar. Jika displecement kapal tersebut 19500 Ton tentukan volume daya apung cadangan ?

Jawab :

Volume displecement            = displecement : density
                                                 = 19500 / 1 = 19500 M³
Total volume kapal                 = L x B x T = 105 x 30 x 20 = 63000 M³
Daya apung cadangan          = total volume kapal – volume displacement
                                                 = 63000 – 19500
                                                 = 43500 M³

Daya apung cadangan sangat erat hubungannya dengan freeboard kapal sehingga makin besar freeboard sebuah kapal maka daya apung cadangan akan semakin besar sehingga bisa disimpulkan sbb :
  1. GM dan GZ akan semakin besar. 
  2. Jangkauan stabilitas kapal ( range of stability ) makin besar. 
  3. KB akan mengecil . 
  4. Lebar kapal pada garis deck akan menyentuh air pada sudut kemiringan yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar