Bagian bagian Kapal
Coefisient
rencana garis
Bentuk Badan Kapal
Bentuk dari badan kapal umumnya
ditentukan oleh:
·
Ukuran utama
·
Koefisien bentuk
·
Perbandingan ukuran
kapal
Ilustrasi Bagian Utama Kapal
Potongan Memanjang Kapal
1/2 Potongan Melintang Kapal
Panjang kapal
FP : Fore/forward perpendicular (garis
tegak haluan), adalah garis tegak yang dibuat melalui
perpotongan antar linggi haluan dengan garis air muat.
AP : After perpendicular (garis tegak buritan), adalah garis tegak yang dibuat melalui linggi kemudi bagian belakang. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi, maka garis tegak itu dibuat
melalui sumbu poros kemudi.
Lpp : Length between
perpendiculars, panjang antara kedua garis tegak buritan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat
Lwl : Length on the waterline, adalah jarak mendatar antara kedua kedua ujung garis muat. LWL diukur dari titik potong linggi haluan sampai titik potong linggi buritan dan tidak
termasuk tebal kulit lambung.
Loa : Length
overall, adalah panjang keseluruhan kapal yang di ukur dari ujung buritan sampai ujung haluan
Tinggi Geladak
·
H : Height/depth, adalah jarak
tegak dari
garis dasar sampai garis
geladak terendah,
ditepi diukur ditengah‐tengah panjang
kapal (Lpp).
·
T : Draught/draft (sarat yang direncanakan)
jarak tegak dari garis dasar sampai pada
garis air muat.
·
Tmax : Maximum
draught/draft, tinggi terbesar
lambung kapal yang terendam di dalam air
diukur dari
garis air muat sampai bagian
kapal yang paling rendah.
·
Sarat Kapal
¡ TF : fore draught/draft, sarat di haluan kapal
Yang diukur pada FP (forward perpendicular).
¡ TA : aft draught/draft , sarat di buritan kapal yang diukur
pada AP (after perpendicular).
¡ TM :mean draught/draft, sarat rata‐rata (TF+TA)/2 dan selisih antara TF dan TA disebut Trim dari kapal.
¡ Trim by bow
Trim haluan kapal dimana TF>TA
¡ Trim by stern
Trim buritan kapal dimana TF<TA
¡ Trim by stern memberi freeboard yang lebih tinggi dibagian haluan(bow) dan sesuai untuk kecepatan
yang besar. Trim by bow
sedapatnya dihindari karena dapat memberi tambahan tahanan
kapal dan baling‐baling kapal keluar dari permukaan
air.
Lebar Kapal
B : Breadth, lebar
yang direncanakan adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading
(tidak termasuk tebal kulit lambung).
Bwl : Breadth at the waterline, lebar yang terbesar yang diukur
pada garis air muat
Boa : Maximum Breadth/breadth extreme, lebar
besar yang di ukur dari kulit lambung
kapal termasuk jika bagian geladak yang
menonjol keluar melampaui lambung. Rise of flor
Tumble home dan Flare, Camber
Referensi
¡ Introduction to Naval Architecture
Thomas C. Gillmer and Bruce
Johnson, Naval
Institute Press, 1987
¡ Basic Ship Theory , 5th Edition ,Volume I:
Hydrostatics and Strength
K.J. Rawson &
E.C. Tupper, Butterworth
Heinemann, 2001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar