Pages - Menu

Pages

Kamis, 03 Juli 2014

Menambah Pengetahuan Tentang Bagian-bagian Kapal

Bagian-bagian kapal yang penting ditunjukkan dalam gambar berikut, gambar ini tidak berbeda banyak dari kapal sungai.

Berdasarkan gambar, bagian-bagian utama kapal terdiri dari
1: Cerobong; 
2: Buritan; 
3: Propeller; 
4: Kulit kapal; 
5: Jangkar; 
6: Bulbous Bow; 
7: Haluan; 
8: Geladak utama; 
9: Bangunan atas (Superstructure) di mana ditempatkan anjungan kapal, kabin untuk awak.


Pada kapal penyeberangan Ro-ro masih dilengkapi dengan pintu rampa yang terletak pada haluan dan buritan kapal.


Secara umum pada prinsipnya kapal penyeberangan dan kapal perairan pedalaman dengan yang kapal yang digunakan dilaut memiliki karakteristik yang sama kecuali pada bagian tertentu di mana kapal penyeberangan dilengkapi dengan sistem pintu pendarat (ramp door) untuk naik turun penumpang dan kendaraan serta pola sandar pada dermaga yang menggunakan dermaga khusus untuk kapal penyeberangan.

Lambung Kapal Adalah :

Lambung kapal atau dalam bahasa Inggris disebut hull adalah badan dari perahu atau kapal. Lambung kapal menyediakan daya apung (Bouyancy) yang mencegah kapal dari tenggelam yang dirancang agar sekecil mungkin menimbulkan gesekan dengan air, khususnya untuk kapal dengan kecepatan tinggi.



Rancang bangun lambung kapal merupakan hal yang penting dalam membuat kapal karena merupakan dasar perhitungan stabilitas kapal, besarnya tahanan kapal yang tentunya berdampak pada kecepatan kapal rancangan, konsumsi bahan bakar, besaran daya mesin serta draft/ sarat kapal untuk menghitung kedalaman yang diperlukan dalam kaitannya dengan kolam pelabuhan yang akan disinggahi serta kedalaman alur pelayaran yang dilalui oleh kapal tersebut.


Macam - Macam Bentuk Lambung Pada Kapal :


Kapal dengan lambung datar
Kapal dengan lambung datar ini merupakan kapal yang bisa digunakan pada perairan tenang. Biasanya digunakan untuk kapal dengan kecepatan rendah. 



Banyak digunakan untuk kapal tangker, tongkang Draft kapal biasanya lebih kecil. Untuk meningkatkan stabilitas biasanya titik berat kapal diturunkan.


Lambung Katamaran
Kapal dengan beberapa lambung ini mempunyai kestabilan yang tinggi, namun gelombang yang ditimbulkan lebih kecil sehingga merupakan kapal yang sesuai untuk dioperasikan di sungai, tetapi diperairan yang bergelombang dampaknya terhadap goyangan di kapal tinggi.



Lambung V
Merupakan kapal dengan lambung lancip seperti huruf V yang mempunyai hambatan yang kecil sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Kapal yang demikian biasanya digunakan untuk kapal kecepatan tinggi.


Lambung terowongan
Lambung seperti ini dimaksudkan untuk mengurangi gesekan, berbeda dengan katamaran karena sudut bagian dalam lancip sehingga mempermudah manuver kapal.


Lambung Ponton
Kapal yang dibangun diatas ponton, kapal seperti ini sangat stabil, dan dapat dijalankan dengan mudah menggunakan mesin tempel atau ditarik dengan kabel untuk penyeberangan sungai. Tidak efisien bila dihunakan untuk pelayaran jarak jauh.


Desain lambung mempengaruhi kecepatan, semakin streamline semakin cepat. Demikian juga dalam hal penggunaan energi. 
Tetapi di lain pihak, muatan yang bisa diangkut akan lebih rendah, sehingga kapal barang, tangker akan lebih sesuai untuk menggunakan bentuk lambung di datar.

Perbandingan lambung datar dengan lambung V


Keuntungan Bentuk Lambung datar

  • Pada lambung datar, stabilitas relatif lebih baik karena pada bentuk datar mempunyai momen kopel lebih besar pada sudut oleng yang sama jika dibandingkan dengan bentuk V.
  • Pada lambung datar, daya muat lebih besar oleh karena coefisient block (Cb) lebih besar.
  • Bentuk lambung datar diperoleh nilai periode oleng lebih baik karena nilai momen inersia massa total kapal lebih besar dari bentuk V.
  • Untuk daya muat yang sama, lambung datar draft lebih rendah dari lambung berbentuk V sehingga dapat berlayar di shallow water.

Keuntungan Bentuk Lambung V
  • Pada lambung berbentuk V untuk kecepatan rancangan yang sama, diperoleh besaran daya mesin yang lebih kecil dari bentuk lambung datar.
  • Bentuk lambung V, kemampuan sea keeping dan manouvering kapal lebih baik dari bentuk lambung datar oleh karena bentuk lambung yang ramping.
  • Kebutuhan bahan bakar untuk kecepatan mesin yang sama lebih rendah dari bentuk lambung V oleh karena nilai tahanan kekentalan (viscous resistance) lebih kecil dari bentuk lambung datar.
  • Namun mempunyai tahanan gelombang (wave resistance) yang lebih besar karena mempunyai lebar yang lebih pada garis air muat.


Kulit kapal

Kulit kapal merupakan permukaan kapal yang terbuat dari plat–plat baja, kayu atau aluminium yang disambung menjadi lajur yang terdapat pada badan kapal biasa disebut dengan kulit kapal atau disebut juga ship shell. Kegunaan kulit kapal:

  • Untuk memberikan kekuatan struktur membujur kapal.
  • Menerima beban dari kapal dan muatannya.
  • Merupakan penutup kedap air dari dasar hingga bagian atas kapal.
  • Lajur kulit kapal diberi nama dengan abjad a,b,c,d dan seterusnya mulai dengan lajur dasar.
  • Sambungan plat diberi nama dengan angka 1,2,3 dan seterusnya dari depan ke belakang.

Bahan moderen yang kerap digunakan dalam pembuatan kapal kecil yang banyak ditemukan dalam pelayaran pedalaman adalah serat kaca atau yang dikenal sebagai fiber-glass, yang proses pembuatannya tidak sulit, tetapi dibutuhkan cetakan kulit lambung kapal.

Sekat Tubrukan

Pada kapal sekat Tubrukan ini ditentukan letaknya yaitu 5% dari panjang kapal pada garis air dihitung dari haluan kapal. Pada kapal panjang ditambah 10” ( feet ).

Fungsi Sekat Tubrukan

  • Sekat Tubrukan memiliki berbagai kegunaan yaitu:
  • Mencegah kebocoran.
  • Memperkuat melintang kapal setempat.
  • Jika terjadi kebocoran pada kapal, maka kapal dapat berlayar pelan-pelan dengan menggunakan sekat Tubrukan.

Ketentuan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan kaitannya dengan sekat Tubrukan adalah:
Sekat Tubrukan ini harus lebih tebal dari pada sekat kedap air lainnya.

Batas penguat harus ditaruh pada bagian muka sekat Tubrukan masing-masing berjarak 24”.
Baja siku dipasang pada bagian sekat pelanggaran.

Sekat Belakang

Pada sekat belakang pada bagian lobang baling-baling harus ditambah plat yang lebih tebal 22 mm untuk menahan getaran baling-baling. Bagi penguat yang terletak di bagian belakang kapal, masing-masing berjarak 24” dan baja siku keliling diletakkan pada bagian muka kapal.

Lunas Kapal 

Lunas adalah bagian terbawah dari kapal, lunas terdiri dari berbagai jenis yaitu lunas dasar, lunas tegak dan lunas lambung. Lunas dasar merupakan lajur kapal pada dasar yang tebalnya +/- 35 % dari pada kulit kapal lainnya. 

Sedangkan lunas tegak ialah lunas yang tegak sepanjang kapal , tebalnya 5/8 lebih besar daripada lunas dasar pada 4/10 bagian lunas tegak di tengah–tengah kapal. 

Kapal besar pada umumya memiliki lunas lambung yang berfungsi untuk melindungi kapal bila kandas. Lunas lambung ini biasanya terdapat 1/4 - 1/3 dari panjang kapal pada bagian tengah yang berfungsi juga untuk mengurangi olengan kapal.

Anjungan
Anjungan (bridge) adalah ruang komando kapal di mana ditempatkan roda kemudi kapal, peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat juga kamar nakhoda dan kamar radio.

Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik ke segala arah.

Perlengkapan anjungan

  • Alat-alat yang melengkapi anjungan modern antara lain:
  • Roda kemudi,
  • Radar
  • Global Positioning Satelite atau dikenal sebagai GPS,
  • Radio komuniasi
  • Perangkat komando ruang mesin
  • Kompas
  • Teropong

Geladak

Geladak dalam bahasa Inggrisnya deck adalah lantai kapal. Nama–nama geladak ini tergantung dari banyaknya geladak yang ada di kapal tersebut. 

Pada umumnya geladak yang berada di bawah dinamakan geladak dasar sedangkan geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama (main deck). Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak lagi, maka geladak tersebut dinamakan geladak antara.

Konstruksi geladak

Geladak besi

Kapal-kapal besi umumnya menggunakan geladak yang terbuat dari plat baja, yang dilas satu dengan yang lainnya dari kedua arah (atas dan bawah). 

Plat baja ini bertumpu pada gading-gading (kerangka) kapal. Pada kapal Ro-ro/penyeberangan geladak kendaraan harus mampu untuk menahan beban kendaraan beserta muatannya.

Geladak kayu

Geladak terbuat dari papan kayu yang tahan terhadap air laut yang disusun berdampingan dan bertumpu ke gading-gading kapal. 

Untuk membuat geladak kedap terhadap air, celah di antara papan yang digunakan diisi dengan serat tahan air dan diikat/direkatkan dengan tar atau resin. Geladak kayu digunakan pada kapal-kapal pinisi, yach atau kapal kayu.

Geladak serat kaca

Bahan modern yang banyak digunakan pada kapal-kapal kecil adalah geladak yang terbuat dari kaca serat atau yang dikenal fiber glass yang mudah dibuat dan ringan. 

Serat kaca juga digunakan untuk melapis geladak kayu agar lebih kedap air serta tahan lebih lama.

Gading

Merupakan rangka dari kapal di mana kulit–kulit kapal diletakkan. Nama dari gading disesuaikan dengan tempatnya. Gading yang terletak di sekitar haluan disebut gading haluan. 

Gading yang terletak pada tempat yang terlebar dari kapal disebut gading besar sementara gading yang terletak di sarung poros baling–baling disebut gading kancing. 

Gading–gading ini mempunyai jarak antara satu dan lainnya kira–kira 21–37 inci sesuai dengan ukuran kapal dan diberi nomor urut mulai nol yang dimulai dari belakang.


Lajur Geladak
Bagian ini biasanya terbuat dari kayu yang melapisi geladak baja. Untuk itu kayu lajur geladak ini harus memenuhi kriteria berikut:
  • Cukup keras, tahan lama, dan daya serap air harus sekecil mungkin.
  • Dalam perubahan suhu, perubahan kembang dan menyusut harus sekecilnya.
  • Tidak mengandung bahan kimia yang merusak baja.
  • Harus cukup kering.
  • Harus bersih dari serat-serat licin.
Untuk itulah maka lapisan ini biasanya terbuat dari bahan kayu teak sejenis Jati (di Indonesia) dan atau kayu Cemara.
Bak
Pada umumnya kapal memiliki satu gudang mini yang dipergunakan untuk memperlancar kegiatan deck terutama pada saat sandar dan lepas sandar. Untuk itu disediakan satu ruangan yang biasa disebut bak. 
Bak adalah bagian bangunan kapal yang ada di ujung depan kapal, digunakan untuk menyimpan alat tali menali kapal dan rantai jangkar
Sumber : http://id.wikibooks.org/wiki/Pelayaran_Sungai_dan_Danau/Dasar-dasar_Kapal

Selasa, 01 April 2014

Macam-macam Propeller

1. Propeller Biasa
 fixed pitch propeller
Propeller dengan pitch tetap (fixed pitch propeller) Propeller dengan langkah tetap (fixed pitch propeller , FPP) biasa digunakan untuk kapal besar dengan rpm relatif rendah dan torsi yang dihasilkan tinggi, pemakaian bahan bakar lebih ekonomis, noise atau getaran minimal, dan ka-vitasi minimal, biasanya di desain secara indi-vidual sehingga memiliki karakteristik khusus untuk kapal tertentu akan memiliki nilai effisiensi optimum.
Propeller dengan pitch yang dapat diubah (controllable pitch propellers) Propeller dengan pitch yang dapat diubah-ubah, (controllable pitch propeller, CPP) merupakan baling-baling kapal dengan langkah daun pro-pellernya dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan misal untuk rpm rendah biasa digu-nakan pitch yang besar dan rpm tinggi digunakan pitch yang pendek, atau dapat digunakan untuk mendorong kedepan dan menarik kapal mundur ke belakang, sehingga hal ini dapat menciptakan pemakaian bahan bakar seefektif mungkin.
controllable pitch propellers
Propeller yang berpadu dengan rudder (Integra-ted propeller & rudder)
Propeller yang terintegrasi dengan rudder, IPR merupakan propeller yang hubnya dihubungkan dengan rudder, ini adalah pengembangan terbaru dari propulsi kapal. Kondisi ini menyebabkan arus air dari propeller yang melewati rudder akan memberikan peningkatan pengendalian dan pengaturan rudder, sehingga di peroleh penuru-nan pemakaian bahan bakar. (improved steering and control, and also reduces fuel consumption)
Integrated propeller & rudder
Propeller dengan bolt yang dapat diatur (adjustable bolted propeller).
Jenis propeller ABP, ini merupakan pengem-bangan FPP, dimana daun baling-balingnya dapat dibuat secara terpisah kemudian dipasang pada boss propeller dengnan baut, sehingga dapat distel pitchnya pada nilai optimum yang akan dicapai (allows the most efficient blade matching for optimum efficiency while simpli-fying the installation process), dengan pembua-tan daun secara terpisah ongkos pembuatan dapat ditekan (butuh satu cetakan/mold daun propeller) termasuk pengirimannya.
adjustable bolted propeller
2. Azzimuth thrusters
Azimuth thruster digunakan untuk mempermudah kapal dalam manuver, dengan posisi alat penggerak berada di bagian atas sehingga memberi tempat yang lebih lapang untuk menempatkan penggerak utamanya, baik berupa motor diesel atau motor listrik.
Azzimuth thrusters
3. Electrical pods
Penggunaan propulsi motor listrik mulai dari 5 sampai dengan 25 Mwatt, mengantikan penggunaan propeller dengan poros dan rudder konvensional. Teknologi Pod, memungkinkan untuk menenpatkan propeller pada daerah aliran air yang optimal (hydro-dynamically optimised). Pod propeller diadopsi dari Azimuth Propeller, dengan menempatkan electro motor di dalam pod diluar dari badan kapal.
Electrical pods
4. Tunnel thrusters
Propeller yang ditempatkan didalam terowongan ini biasa digunakan untuk tujuan manuver (Strens/Bow Thruster), sehingga mempermudah kapal untuk manuver terutama di pelabuhan.
 Tunnel thrusters
5. Waterjets
Propulsi kapal menggunakan pompa yang me-ngisap air pada bagian depan dan mendorongnya kebagian belakang sehingga kapal dapat ber-gerak kedepan dengan prinsip momentum. Peng-gerak ini lebih effisein digunkan untuk kapal dengan kecepatan diatas 25 knots dengan power engine 50 KWatt sampai 36 MWAtt
Waterjets
6. Voith Scneider Propeller
Voith Schneider Propeller merupakan bentuk propulsi kapal dengan menggunakan daun ver-tikal yang diputar seperti disk, dimana setiap daun dapat menghasilkan daya dorong pada ka-pal. Sistem ini bekerja mirip pengendali langkah balig-baling helicopter (colective pitch control). Roda gigi dalam mekanisasi propulsi ini, saat berputar dapat merubah sudut serang dari tiap daun propeller (berbetuk hydrofoil) sehingga tiap daun baling-baling akan menghasilkan daya dorong (thrust) pada berbagai arah, menyebab-kan kapal tidak butuh rudder lagi.
Voith Scneider Propeller

Senin, 24 Maret 2014

Istilah Peralatan dan Bagian Bagian Deck Kapal

FITTING

Apa Yang Dimaksud Dengan Deck Kapal?


Deck

Deck adalah horizontal platform yang menutup kesuluruhan badan kapal yang mempunyai kekuatan untuk menahan beban dan juga merupakan penutup paling atas yang kedap air (watertight). 
Bilamana di deck terdapat lubang pintu seperti : hatches, engine casing, pump room entrance, manhole dan lain-lain, maka plat yang dipasang melintang lubang pintu tersebut diatas harus lebih tebal untuk menjamin kekuatan. 
Untuk memudahkan sistem drainage dideck maka bentuk deck dibuat melenkung kesamping dimana bagian samping lebih rendah daripada bagian tengah (chamber). Pada bagian tepi deck kanan dan kiri dipasang deck scupper yang digunakan untuk saluran pembuangan air kelaut.

Dibagian bawah platform deck terpasang gading - gading system sebagai tempat melekatkan deck platform dan juga penguat.

Pada gambar dibawah ini terlihat gambar weather deck .




Hatches (Cargo hold)

Cargo hold adalah tempat untuk pemadatan muatan diatas kapal, untuk itu konstruksi cargo hold harus watertight dari air laut maupun air hujan. Untuk menjamin watertight maka setiap cargo hold dilengkapi dengan hatch cover dan peralatan lashing yang terpasang pada atas hatch coaming .

Tinggi rendahnya hatch coaming ditentukan dengan loadline rule. Fungsi hatch coaming adalah untuk melindungi muatan dari pengaruh ombak air laut yang menerpa cargo hold.
Untuk membuka dan menutup hatch cover dapat digunakan tenaga hydrolic, electric atupun wire yang dihubungkan dengan winch. Untuk kapal bulk pada umumnya menggunakan sistem side rolling hatch cover, untuk kapal general cargo menggunakan system lift-off covers. Pada gambar dibawah terlihat gamabar cargo hold beserta nama bagian-bagiannya dari berbagai tipe kapal.




Pada gambar dibawah ini menjelaskan konstruksi cleats yang merupakan kelengkapan lashingan hatch cover yang harus dipasang sebelum kapal berlayar dan harus dibuka pada saat akan membuka hatch cover.



Mooring equipment and arrangements
Mooring equipment digunakan pada saat kapal sandar, lepas sandar, shifting serta ship to ship. Mooring equipment pada umumnya ditempatkan pada bagian depan (forecastle) dan bagian belakang kapal (stern) yaitu poop deck.Untuk kapal ukuran besar kadang kadang pada bagian maindeck juga ditempatkan Mooring equipment terdiri dari : windlass, bollard dan berbagai macam fairlead.
Windlass digunakan untuk mengencangkan (heave up) dan mengarea (slack away) daripada tali-tali tambat kapal, sedangkan fairlead digunakan untuk mengatur arah dan mengurangi gesekan tali-tali tambat. Sedangkan bollard digunakan untuk mengikatkan, mematikan, mengatur arah tali-tali tambat .Pada gambar dibawah ini dijelaskan berbagai macam fairlead dan bollard serta susunan mooring arrangement pada bagian forecastle.




Mooring winch digunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan tali-tali tambat kapal pada saat kapal diikat didermaga atau buoy. Agar tali – tali tambat tidak mengalami kerusakan maka harus melalui fairlead sebelum diikatkan ke single bit bolard pada dermaga Anchor windlass digunakan untuk menaikkan dan menurunkan jangkar dan rantainya pada waktu berlabuh jangkar ataupun lepas berlabuh jangkar 

Minggu, 23 Maret 2014

25 Raksasa Migas

Minyak dan gas (migas) sudah menjadi bagian kebutuhan energi bagi masyarakat di dunia sejak dahulu kala. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga pasokan energi bagi industri.
Komoditas alam ini ikut menjadi pusaran prioritas bisnis pencetak uang di dunia. Suka tidak suka, perusahaan-perusahaan penggali migas yang ada di seluruh dunia membuat bumi tetap berputar dan akan terus berjalan selama beberapa tahun ke depan.
Di antara perusahaan-perusahaan tersebut bahkan ada yang mampu memproduksi minyak hingga jutaan barel setiap hari.
Ingin tahu perusahaan minyak mana saja yang menjadi penopang kebutuhan energi dunia. Berikut 25 perusahaan minyak terbesar di dunia, mengacu pada kapasitas volume produksi per hari seperti melansir laman Forbes, Rabu, (12/6/2013):

1. Saudi Aramco

Produksi: 12,5 juta barel per hari

Sejauh ini, Saudi Aramco merupakan perusahaan energi terbesar di dunia dengan pendapatan lebih dari US$ 1 miliar per hari. Lahan tambang terbesar Saudi Aramco bisa menghasilkan 5 juta barel per hari.

2. Gazprom

Produksi: 9,7 juta barel per hari

Gazpum, perusahaan asal Rusia merupakan produsen gas alam terbesar di dunia. Keuntungannya bisa mencapai lebih dari US$ 40 miliar per tahun.

3. Iranian Oil CoProduksi: 6,4 juta barel per hari

Iran dipaksa menghentikan produksi minyaknya menyusul sanksi internasional. Meski begitu, Iran tetap menjadi produsen minyak dan gas terbesar di dunia.

4. ExxonMobil

Produksi: 5,3 juta barel per hari

Keuntungan tahunan Exxon sebesar US$ 40 miliar terlihat sedikit dibandingkan transaksi penjualan yang melambung hingga US$ 400 miliar.

Exxon saat ini tengah membahas kerjasamanya dengan produsen minyak raksasa Rusia, Rosneft.

5. PetroChina

Produksi: 4,4 juta barel per hari

Perusahaan minyak milik negara ini merupakan yang ketiga terbesar di China. PetroChina juga memiliki catatan pasar tertinggi dibanding penjualan dari produsen lain.

Saat ini China sudah memproduksi lebih banyak minyak daripada ExxonMobil.

6. BP

Produksi: 4,1 juta barel per hari

Saat ini BP tengah kewalahan mempertahankan jumlah produksi 4,1 juta barel per hari. Perusahaan tengah membahas penjualan 50% sahamnya di TNK-BP Rusia atau setara dengan sepertiga hasil produksi.

7. Royal Dutch Shell

Produksi : 3,9 juta barel per hari

Shell berharap musin panas ini bisa mulai mengebor minyak di pantai Chuckchi Alaska. Selama bertahun-tahun Shell terus menyempurnakan rencana pengeboran minyaknya di beberapa lokasi tambang.

8. Pemex

Produksi: 3,6 juta barel per hari

Hasil produksi lahan tambang terbesar di Mexico, Cantarell anjlok sebanyak 2 juta barel per hari. Sisanya saat ini hanya sekitar 600 ribu barel per hari.

Pemex berperan menutupi kelangkaan akibat kurangnya pasokan minyak dari pertambangan lain.

9. Chevron

Produksi : 3,5 juta barel per hari

Chevron membeli Atlas Petroleum pada 2010 seharga US$ 4,3 miliar untuk menambah lahan di Marcellus dan shale Utica. Dengan harga gas yang rendah, sebagian mengharapkan kesepakatan yang lebih besar.

10. Kuwait Petroleum Corp

Produksi: 3,2 juta barel per hari

Perusahaan minyak Kuwait ini berdiri pada 1934 oleh perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Chevron dan BP. Pada 1975, perusahaan kemudian dipatenkan menjadi milik negara.

Saat ini, operasi tambang di Burgan yang merupakan lahan terbesar Kuwait dilanjutkan Chevron.

11. Abu Dhabi National Oil Co

Produksi: 2,9 juta barel per hari

Abu Dhabi merupakan pusat kekuatan Uni Emirat Arab. Posisinya yang strategis dimanfaatkan untuk membangun saluran pipa minyak ke Fujairah guna memudahkan ekspor ke luar.

12. Sonatrach

Produksi; 2,7 juta barel per hari

Gas alam mendominasi hasil produksi perusahaan energi nasional Algeria ini. Kebanyakan hasil produksinya di ekspor ke Eropa.

13. Total

Produksi: 2,7 juta barel per hari

Presiden Prancis Francois Hollande mengenakan jenis pajak baru pada inventasi minyak terhitung Juli 2012.

Dalam tanggapannya, CEO Total Christophe de Margerie mengatakan, tindakan ini akan menguras US$ 200 juta pendapatan Total pada 2012 dan mengganggu sektor penyulingan minyak yang sedang tak baik.

14. PetrobrasProduksi: 2,7 juta barel per hari

Mantan CEO Petrobas Sergio Gabrielli menyerahkan jabatan pada bos baru Maria das Gracas Silva Foster Februari lalu.

Perusahaan sedang berupaya untuk mengembangkan lahan minyak raksasa dengan kedalaman tinggi di luar negeri.

15. RosneftProduksi: 2,6 juta barel per hari

Sama dengan Gazprom, Rosneft adalah perusahaan minyak milik Russia. Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat menghadiri diskusi yang menandakan kerjasama Rosneft dan ExxonMobil untuk mengeksplorasi pantai-pantai di negaranya.

16. Iraqi Oil MinistryProduksi: 2,3 juta barel per hari

Peringkat Irak sebagai produsen minyak terbesar di dunia bisa terus meningkat karena lahan-lahan tambang raksasanya terus berproduksi.

Pengeboran tahap 2 di Qurna Barat, proyek yang dioperasikan Lukoil milik Rusia menghasilkan sekitar 13 miliar barel.

17. Qatar PetroleumProduksi: 2,3 juta barel per hari

Mayoritas produksi Qatar adalah gas alam yang tersebar ke seluruh dunia sebagai gas alam cair (LNG). Qatar menyediakan lahan gas alami terbesar di dunia yang di bawah tanah Persian Gulf dengan Iran.

18. Lukoil

Produksi: 2,2 juta barel per hari

Lukoil didirikan tahun 1991 oleh Mantan Wakil Menteri Vagit Alekperov yang masih menjalankan perusahaan hingga saat ini. Dirinya memiliki 20% saham perusahaan seharga US$ 13 miliar.

19. Eni
Produksi: 2,2 juta barel per hari

Eni adalah produsen minyak unggul di Italia. CEO Eni Paolo Scaroni dalam beberapa tahun menyusun landasan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan seperti Pdvsa, Venezuela dan Rosneft, Rusia.

20. Statoil

Produksi: 2,1 juta barel per hari

Pemerintah Norwegia memiliki 67% saham di Statoil. Investasi perusahaan di Amerika sudah mencapai lebih dari Us$ 20 miliar termasuk akuisisi Bakken-focused Brigham Exploration sebesar US$ 4,7 miliar pada 2011.

21. ConocoPhillips
Produksi: 2 juta barel per hari

Tahun ini ConocoPhillips meluaskan bisnis kilang minyaknya menyusul keinginan Phillips 66 untuk fokus pada operasi-operasi di permukaan.

22. Petroleos de Venezuela

Produksi: 1,9 juta barel per hari

Perusahaan minyak Venezuela yang lebih dikenal dengan sebutan Pdvsa ini, lebih terlihat sebagai bank pribadi Presiden Hugo Chavez yang membuat perusahaan menderita karena harus membayar program-program sosialnya. Hasil produksi sendiri sudah menurun sejak 1998.

23. Sinopec

Produksi: 1,6 juta barel per hari

Sinopec merupakan kilang minyak terbesar China. Tahun ini Sinopec menghentikan usaha shale-nya dengan Devon Energy.

24. Nigerian National Petroleum
Produksi: 1,4 juta barel per hari

Di tengah-tengah kehancuran ekonomi akibat korupsi di industri minyak negara Nigeria, Presiden Goodluck Jonathan juga diketahui melakukan korupsi pada beberapa eksekutif.

25. Petronas

Produksi: 1,4 juta barel per hari

Perusahaan minyak raksasa Malaysia membangun markasnya di menara kembar Petronas. Petronas belakangan melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri dan saat ini sedang dalam proses negosiasi dengan perusahaan gas Progress Energy Kanada untuk memperoleh dana sebesar Us$ 5,4 miliar. 
Inilah total ke 25 raksasa penghasil minyak terbesar versi MaritimeWorld 

Sabtu, 22 Maret 2014

Beda Kapa dan Perahu

Meskipun semua orang tahu perbedaan antara kapal dan perahu, ada beberapa yang sering bingung antara dua istilah. Secara teknis, ada garis tipis antara mereka dan ini mengarah ke kebingungan besar.
Sementara berbicara tentang perbedaan antara kapal dan perahu, hal pertama yang terlintas dalam pikiran seseorang adalah ukuran mereka. Secara tradisional orang menganggap sebuah kapal sebagai kapal laut besar yang terjadi, sedangkan perahu relatif cukup kecil dalam ukuran.
Untuk memahami perbedaan antara kapal dan perahu, sejumlah aspek perlu dipertimbangkan.
Disebutkan di bawah ini adalah tujuh aspek utama yang diperhitungkan untuk membedakan antara kapal dan perahu.
1. Ukuran
Aspek yang paling penting yang dipertimbangkan saat menyatakan perbedaan antara kapal dan perahu adalah ukuran. Dikatakan bahwa cara terbaik untuk membedakan antara kapal dan perahu adalah untuk mengingat bahwa "Sebuah kapal dapat membawa perahu, tapi perahu tidak dapat membawa kapal."
 Secara teknis, modus transportasi air yang beratnya setidaknya 500 ton atau di atas dikategorikan sebagai kapal. Sebagai perbandingan, kapal yang ditetapkan cukup kompak dalam ukuran struktural dan pengungsian.
2. Operasional Daerah
Perbedaan utama antara perahu dan  kapal adalah bahwa wilayah operasi mereka. Kapal adalah kapal yang beroperasi di wilayah samudera dan laut lepas. Mereka biasanya termasuk kapal pesiar, kapal angkatan laut, kapal tanker, kapal kontainer, kapal Roro, dan kapal lepas pantai. Mereka terutama dibangun untuk kargo / angkutan penumpang di seluruh lautan.
Perahu Sebaliknya, yang beroperasi di daerah air yang lebih kecil / terbatas dan termasuk mengangkut dan penarik kapal, kapal berlayar, kapal dayung, kayak, kano, kapal patroli dan lain-lain. Perahu terutama digunakan untuk tujuan yang lebih kecil dan terutama di daerah dekat pantai.
 3. Navigasi dan Teknologi
Secara teknologi, perahu dengan peralatan navigasi yang kurang rumit  dan sederhana, sedangkan  kapal, sistem Navigasi dan Teknologi yang cukup canggih dengan persyaratan pemeliharaan operasional. Karena kapal diperlukan untuk dapat dioperasikan untuk jangka waktu yang lebih lama dan waktu-perjalanan melintasi lautan, mereka diawaki menggunakan teknik canggih, mesin-mesin berat, dan sistem navigasi.
4. Awak kapal
Ini adalah salah satu perbedaan utama antara kapal dan perahu.
Kapal besar dalam ukuran dan karena itu mereka dioperasikan oleh navigator profesional terlatih dan insinyur. Sebuah kapal membutuhkan kapten untuk mengoperasikan kapal dan membimbing kru.
Di sisi lain, ukuran awak di perahu tergantung pada ukuran perahu. Hitungan satu orang atau kru penuh tergantung pada ukuran dan tujuan dari perahu.
5. Kapasitas kargo
Sebuah perahu adalah kapal kecil dan menengah, yang memiliki kemampuan membawa kargo yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kapal.
Kapal yang khusus dibuat untuk membawa kargo, penumpang atau perahu, sedangkan perahu adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai kendaraan air, terutama kapal yang digunakan untuk tujuan rekreasi atau memancing.
6. Konstruksi dan Desain
Konstruksi dan desain kapal adalah struktur rumit yang memiliki berbagai sistem mesin dan aspek merancang untuk keamanan dan stabilitas kapal.
Sebuah perahu jauh sederhana dalam konstruksi dan memiliki mesin yang lebih ringan dengan kompleksitas desain yang rendah.
7. Tenaga penggerak
Sebuah perahu dapat didukung oleh layar, motor, atau kekuatan manusia, sedangkan kapal telah mendedikasikan mesin untuk mendorong mereka. (Kapal juga dapat didorong oleh layar atau teknologi propulsi canggih)
Penggunaan istilah 'kapal' atau 'perahu' juga tergantung pada daerah yang digunakan. Orang-orang dari beberapa negara sering merujuk sebuah kapal nelayan menengah sebagai perahu, atau feri berukuran menengah atau perahu rekreasi seperti kapal. Seperti dapat dilihat, orang memiliki kecenderungan untuk menggeneralisasi kapal berdasarkan ukurannya.
Namun, untuk dicatat bahwa perbedaan antara kapal dan perahu tergantung pada sejumlah faktor seperti didiskusikan di atas.

Peran Rudder Pada Kapal

Peran Kemudi Atau Rudder Pada Kapal

Tidak dapat di sangkal bahwa kemudi memegang peranan yang sangat penting dalam pelayaran dengan sebuah kapal. Bahkan ikut menentukan faktor keselamatan sebuah kapal. Sehubungan dengan peranan kemudi tersebut di atas SOLAS ’74 melalui Peraturan 29 Bagian B Bab II – I mengenai Perangkat kemudi ( Resolusi A. 210 - VII ) menyebutkan sebagai berikut :
Bagi kapal penumpang dan kapal barang : 
  1. Kapal – kapal harus dilengkapi dengan perangkat kemudi induk ( utama ) dan perangkat kemudi bantu yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. 
  2. Perangkat kemudi utama harus berkekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan ekonomis maksimum. Perangkat kemudi utama dan poros kemudi harus di pasang sedemikian rupa sehingga pada kecepatan mundur maksimum tidak mengalami kerusakan.
  3. Perangkat kemudi bantu harus mempunyai kekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan sekedar untuk dapat berlayar dan dipakai dengan segera dalam keadaan darurat.
  4. Kedudukan kemudi yang tepat pada kapal tenaga harus terlihat di stasiun pengemudi utama ( anjungan )
Hanya bagi kapal penumpang . 
  1. Perangkat kemudi induk harus mampu memutar daun kemudi dari kedudukan 350 di satu sisi sampai ke kedudukan 350 disisi lain selagi kapal berjalan maju dengan kecepatan ekonomis maksimum. Daun kemudi harus dapat diputar dari kedudukan 350 disalah satu sisi ke kedudukan 350 disisi yang lain dalam waktu 28 detik pada kecepatan ekonomis maksimum. 
  2. Perangkat kemudi bantu harus dapat digerakkan dengan tenaga dimana pemerintah mensyaratkan bahwa garis tengah poros kemudi pada posisi celaga berukuran lebih 9’’ ( 228,6 mm ). 
  3. Jika unit tenaga perangkat kemudi induk & sambungan – sambungannya di pasang secara rangkap yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah, dan masing – masing unit tenaga itu dapat membuat perangkat kemudi sesuai dengan syarat – syarat paragraf .
  4. Jika pemerintah mensyaratkan suatu poros kemudi yang garis tengahnya pada posisi celaga lebih dari 9” (228,6 mm) harus dilengkapi pengemudi penggant
Hanya untuk kapal Barang 
  1. Perangkat kemudi bantu harus digerakan dengan tenagadimana Pemerintah mensyaratkan garis tengah poros kemudi pada posisi celaga berukuran lebih dari 14”(355 mm) 
  2. Perangkat kemudi bantu tidak dipersyaratkan dengan ketentuan bahwa unit – unit dan sambungannya itu yang sedang bekerja secara bersama – sama memenuhi ketentuan sub paragraf (2) paragraf (a) Peraturan ini.
Jenis – jenis Kemudi 

a.Kemudi biasa 

Kemudi biasa ialah kemudi yang seluruh daun kemudinya berada dibelakang poros putar.Yang terdiri dari pelat tunggal atau anda.Kemudi biasa pelat tunggal konstruksinya terdiri dari pelat tunggal saja dan pelat ganda, kontruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran berganda dimana kedua ujungnya dihubungkan satu sama lain sehingga didalamnya terbentuk rongga. 

Kerangka kemudi biasa dapat terbuat dari baja tempa atau pelat yang di las, kemudi pelat ganda kedua sisinya di tutupi pelat – pelat sehingga ditengahnya berbentuk rongga.

Konstruksi Kemudi biasa 

- Daun kemudi terletak 100% di belakang poros putarnya 

- Diberi kerangka untuk penguat daun kemudi 

- Selalu dilengkapi dengan kokot jantan ( Pintle ) dan kokot betina ( Gudgeon ) 

- Daun kemudi dan poros kemudi yang saling dihubungkan dengan sebuah kopling 

- Poros kemudi atas, baut penutup, baut kemudi biasa dan baut cembung putar (Taats) 

- Pada linggi kemudi terdapat Nok kemudi (Rudderstops) agar daun kemudi pada waktu di putar tidak melewati batas maksimum cikar 350 

- Di dalam kopling kemudi terdapat baji yang gunanya untukmenahandan membantu baut – baut kopling.

KERANGKA KEMUDI PLAT GANDA
b. Kemudi Berimbang
Kemudi yang daun kemudinya sebagian berada di belakang poros putar dan sebagian kecil berada di depan poros putarnya. 
Pada kemudi berimbang penuh 25 – 30 % bagian daun kemudi berada di depan poros putar, sedang sisanya berada di belakang poros putar. Pada kemudi semi berimbang bagian daun kemudi yang berada di depan poros putar lebih kecil dari 20 %.
Cara menggantikan daun kemudi di Dok : 
• Kemudi di cikar ke kiri atau ke kanan dan ditahan dengan takal di lambung 
• Baut dan flens kopling di buka 
• Kwadran kemudi dilepas atau diangkat dan di ganjal kayu 
• Baji di buka 
• Baut-baut kemudi dan baut penutup dibuka/ dilepas 
• Kencangkan tali pada blok penahan 
• Kwemudi di dorong dai bawah, sebelumnya kemudi dicikar sebaliknya. Mendorong dari bawah ini maksunya agar pelat cembungputar terlepas lalu baut cembung putarnya dilepas.

Jumat, 21 Maret 2014

Job Interview Training



Job Interview Training


Hari kamis 13 Maret 2014 Departemen PSDM HIMASISKAL mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) FTK ITS dalam menghadapi Interview. Kegiatan yang bertempat di aula BG MUNAF FTK ini diawali dengan sambutan ketua HIMASISKAL 2013-2014 ; Arif Pradana, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen JTSP ; Ir. Indrajaya Gerianto M.Sc. Pembicaranya  adalah Bapak Hery TJ (P-24) dimana beliau adalah Alumni Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) tahun 1989 yang sekarang beliau termasuk pendiri perusahaan LNS Indonesia.
Di materi pertama di sampaikan melalui diskusi dua arah, yaitu peserta boleh bertanya sewaktu – waktu. Terdapat beberapa bab dalam presentasi ini yang akan saya coba jelaskan secara singkat.
Whay do I need a job??
Tidak bisa di pungkiri alas an utama kita mencari kerja adalah Uang, tapi sebaiknya kita melihat kemampuan kita saat menentukan berapa nominal gaji kita. Career, selain uang kita juga sebaiknya melihat jenjang career kita, jagan sampai kita di gaji tinggi untuk career yang tidak jelas. Sosial status, di jaman yang serba modern ini sosial status menjadi alas an kuat dalam mencari pekerjaan. Live, di tingakat ini manusia memerlukan pekerjaan untuk menyambung hidup mereka. Dan masih banyak lagi alas an untuk mencari kerja.
What do I Want to be?
Di bab ini di jelaskan kita bekerja ini sebenarnya ingin menjadi apa?? Passion kita dimana?? Kita bisa menjadi analytical engineer, business, marketing, sales engineer, entrepreneur engineer dan lainin lain tetapi jangan sampai kita bekerja “Just a Jib” tanpa ingin menjadi apa – apan. Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, kerapun juga bekerja.
Where will we go??
Setelah lulus dari JTSP ini kita bisa memilih kerja dimana?? Kita bisa bekerja di sector manufaktur contohnya : automotive, engine part etc. atau bisa juga di Industrial sector contohnya : Mining, Power Plan, Oil and  Gas, Marine Shipping etc. dan ternyata lulusan dari JTSP bisa bekerja di Service Company, contohnya : Banking, Engine Builder, Investment etc.
Companies in Indonesia
Banyak perusahaan di Indoneisa yang menjadi jangkauan lulusan JTSP, tentukan keinginanmu berkarir dimana. Foreign Company, Multi National Company, and Local Company.
Ideal Companies
Kita harus cermat dalam memilih perusaahan tempat kita bekerja kelak, jangan sampai kita memilih perusahaan yang tidak menguntungkan kita juga. Berikut adalah ciri – ciri perusahaan yang Ideal :
·         good standing / establish company, disini saya mengartikan perusahaan yang berpondasi kuat dan sudah berdiri dengan baik.
·         High Salary – less Responsibility, perusahaan yang ideal dengan kita bisa kita nilai dari berapa gaji yang akan kita dapat dibandingkan dengan tanggungjawab yang harus kita pikul.
·         Career path, carilah perusahaan yang dimana kita berpotensi karir bagus, tinggalkanlah jika perusahaan itu mengombang ambingkan kepastian karirmu.
·         Benefit, keuntungan disini bukan hanya masalah uang, keuntungan disini dimaksudkan dalam bentuk, jaminan kesehatan pekerja, jaminan masa tua, asuransi jiwa pekerja dan lain lain.
·         Follow normal rule of Indonesia government, yang dimaksud di sini perusahaan mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan untuk perusahaan – perusahaan di Indonesia, contoh  perusahaan akan menetapkan jam kerja sesuai pereturan yang ada, jika melebihi jam kerja maka akan di beri gaji tambahan.
What should I Prepare??
Dalam sebuah wawancara sebaiknya kita jujur dalam mengisi CV kita, karena pewawancara sudah berpengalaman dalam menilai kejujuran kita, jika memang kita ingin berbohong setidaknya kita mengerti apa yang kita bohongkan. Contoh, kita bebohong telah mengikuti seminar X, sebaiknya kita belajar tentang seminar X tersebut, agar saat tiba pertanyaan, kita bisa menjawab. Lalu apa saja yang perlu kita siapkan??
1.       Education Degree. Biasanya ditanyakan berapa lama kamu menempuh kuliah?
2.       Basic Skill. Kamu termasuk tipe pekerja yang tecnikal atau perencana?
3.       Professional Sklill. Siapkan keahalian terbaikmu.
4.      Experience. Pengalaman bisa didapat dari pengalaman bekerja atau pengalaman berorganisasi. Biasanya nilai yang tinggi dalam sebuah job interfiew adalah pengalaman dalam organisasi sosial,contoh : karang taruna, panti asuhan, baksos dll.
5.       Honours. Kalo pernah berprestasi apa, sertakan di CV mu.
6.       Referensi. Disini referensi dari dosen akan berarti besar.
7.       Documen + Proff.
8.       Self Confidence. Sangat penting untuk percaya diri dan munculkan kesan “saya bisa”.
Go to Interview
Pergi ke sebuah interview hendaklah jagan asal – asalan. Berikut ini adalah tips saat pergi menuju interview.
1.       Be on time and well preparation. Dating tepat waktu, dan persiapkan semua dari awal.
2.       Be strong but low profile. Perlihatkan bahwa kamu kuat, kamu bisa, tetapi jangan sampai terlihat sombong.
3.       Clear Intonation. Sudah jelas di sini kalian harus berbicara dengan mantap dan jelas.
4.       No hard debate, keep cool, smooth discussion. Terkadang pewawancara akan memancing kita dengan berpura – pura salah, kita harus bisa untuk menyalahkan mereka tanpa dengan kata – kata yang menjatuhkan. Untuk itu diperlukan latihan.
5.       Show that you need this job. Tunjukkan kalau km memang butuh pekerjaan ini, jangan jual mahal seolah olah tidak butuh pekerjaan ini.
6.       Take a small note if necessary. Ambil secarik kertas kecil untuk mencatat apa yang sangat penting,  itu akan menunjukkan kalau kamu memperhatikan pewawancara dengan seksama.
7.       Be relax. Jangan terburu – buru. Jangan sering melihat jam seolah olah mengatakan kapanini cepat berakhir? Santai, dengarkan dengan seksama, tatap matanya.

Begini suasana waktu JIT.