Pages - Menu

Pages

Senin, 24 Maret 2014

Istilah Peralatan dan Bagian Bagian Deck Kapal

FITTING

Apa Yang Dimaksud Dengan Deck Kapal?


Deck

Deck adalah horizontal platform yang menutup kesuluruhan badan kapal yang mempunyai kekuatan untuk menahan beban dan juga merupakan penutup paling atas yang kedap air (watertight). 
Bilamana di deck terdapat lubang pintu seperti : hatches, engine casing, pump room entrance, manhole dan lain-lain, maka plat yang dipasang melintang lubang pintu tersebut diatas harus lebih tebal untuk menjamin kekuatan. 
Untuk memudahkan sistem drainage dideck maka bentuk deck dibuat melenkung kesamping dimana bagian samping lebih rendah daripada bagian tengah (chamber). Pada bagian tepi deck kanan dan kiri dipasang deck scupper yang digunakan untuk saluran pembuangan air kelaut.

Dibagian bawah platform deck terpasang gading - gading system sebagai tempat melekatkan deck platform dan juga penguat.

Pada gambar dibawah ini terlihat gambar weather deck .




Hatches (Cargo hold)

Cargo hold adalah tempat untuk pemadatan muatan diatas kapal, untuk itu konstruksi cargo hold harus watertight dari air laut maupun air hujan. Untuk menjamin watertight maka setiap cargo hold dilengkapi dengan hatch cover dan peralatan lashing yang terpasang pada atas hatch coaming .

Tinggi rendahnya hatch coaming ditentukan dengan loadline rule. Fungsi hatch coaming adalah untuk melindungi muatan dari pengaruh ombak air laut yang menerpa cargo hold.
Untuk membuka dan menutup hatch cover dapat digunakan tenaga hydrolic, electric atupun wire yang dihubungkan dengan winch. Untuk kapal bulk pada umumnya menggunakan sistem side rolling hatch cover, untuk kapal general cargo menggunakan system lift-off covers. Pada gambar dibawah terlihat gamabar cargo hold beserta nama bagian-bagiannya dari berbagai tipe kapal.




Pada gambar dibawah ini menjelaskan konstruksi cleats yang merupakan kelengkapan lashingan hatch cover yang harus dipasang sebelum kapal berlayar dan harus dibuka pada saat akan membuka hatch cover.



Mooring equipment and arrangements
Mooring equipment digunakan pada saat kapal sandar, lepas sandar, shifting serta ship to ship. Mooring equipment pada umumnya ditempatkan pada bagian depan (forecastle) dan bagian belakang kapal (stern) yaitu poop deck.Untuk kapal ukuran besar kadang kadang pada bagian maindeck juga ditempatkan Mooring equipment terdiri dari : windlass, bollard dan berbagai macam fairlead.
Windlass digunakan untuk mengencangkan (heave up) dan mengarea (slack away) daripada tali-tali tambat kapal, sedangkan fairlead digunakan untuk mengatur arah dan mengurangi gesekan tali-tali tambat. Sedangkan bollard digunakan untuk mengikatkan, mematikan, mengatur arah tali-tali tambat .Pada gambar dibawah ini dijelaskan berbagai macam fairlead dan bollard serta susunan mooring arrangement pada bagian forecastle.




Mooring winch digunakan untuk mengencangkan dan mengendorkan tali-tali tambat kapal pada saat kapal diikat didermaga atau buoy. Agar tali – tali tambat tidak mengalami kerusakan maka harus melalui fairlead sebelum diikatkan ke single bit bolard pada dermaga Anchor windlass digunakan untuk menaikkan dan menurunkan jangkar dan rantainya pada waktu berlabuh jangkar ataupun lepas berlabuh jangkar 

Minggu, 23 Maret 2014

25 Raksasa Migas

Minyak dan gas (migas) sudah menjadi bagian kebutuhan energi bagi masyarakat di dunia sejak dahulu kala. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga pasokan energi bagi industri.
Komoditas alam ini ikut menjadi pusaran prioritas bisnis pencetak uang di dunia. Suka tidak suka, perusahaan-perusahaan penggali migas yang ada di seluruh dunia membuat bumi tetap berputar dan akan terus berjalan selama beberapa tahun ke depan.
Di antara perusahaan-perusahaan tersebut bahkan ada yang mampu memproduksi minyak hingga jutaan barel setiap hari.
Ingin tahu perusahaan minyak mana saja yang menjadi penopang kebutuhan energi dunia. Berikut 25 perusahaan minyak terbesar di dunia, mengacu pada kapasitas volume produksi per hari seperti melansir laman Forbes, Rabu, (12/6/2013):

1. Saudi Aramco

Produksi: 12,5 juta barel per hari

Sejauh ini, Saudi Aramco merupakan perusahaan energi terbesar di dunia dengan pendapatan lebih dari US$ 1 miliar per hari. Lahan tambang terbesar Saudi Aramco bisa menghasilkan 5 juta barel per hari.

2. Gazprom

Produksi: 9,7 juta barel per hari

Gazpum, perusahaan asal Rusia merupakan produsen gas alam terbesar di dunia. Keuntungannya bisa mencapai lebih dari US$ 40 miliar per tahun.

3. Iranian Oil CoProduksi: 6,4 juta barel per hari

Iran dipaksa menghentikan produksi minyaknya menyusul sanksi internasional. Meski begitu, Iran tetap menjadi produsen minyak dan gas terbesar di dunia.

4. ExxonMobil

Produksi: 5,3 juta barel per hari

Keuntungan tahunan Exxon sebesar US$ 40 miliar terlihat sedikit dibandingkan transaksi penjualan yang melambung hingga US$ 400 miliar.

Exxon saat ini tengah membahas kerjasamanya dengan produsen minyak raksasa Rusia, Rosneft.

5. PetroChina

Produksi: 4,4 juta barel per hari

Perusahaan minyak milik negara ini merupakan yang ketiga terbesar di China. PetroChina juga memiliki catatan pasar tertinggi dibanding penjualan dari produsen lain.

Saat ini China sudah memproduksi lebih banyak minyak daripada ExxonMobil.

6. BP

Produksi: 4,1 juta barel per hari

Saat ini BP tengah kewalahan mempertahankan jumlah produksi 4,1 juta barel per hari. Perusahaan tengah membahas penjualan 50% sahamnya di TNK-BP Rusia atau setara dengan sepertiga hasil produksi.

7. Royal Dutch Shell

Produksi : 3,9 juta barel per hari

Shell berharap musin panas ini bisa mulai mengebor minyak di pantai Chuckchi Alaska. Selama bertahun-tahun Shell terus menyempurnakan rencana pengeboran minyaknya di beberapa lokasi tambang.

8. Pemex

Produksi: 3,6 juta barel per hari

Hasil produksi lahan tambang terbesar di Mexico, Cantarell anjlok sebanyak 2 juta barel per hari. Sisanya saat ini hanya sekitar 600 ribu barel per hari.

Pemex berperan menutupi kelangkaan akibat kurangnya pasokan minyak dari pertambangan lain.

9. Chevron

Produksi : 3,5 juta barel per hari

Chevron membeli Atlas Petroleum pada 2010 seharga US$ 4,3 miliar untuk menambah lahan di Marcellus dan shale Utica. Dengan harga gas yang rendah, sebagian mengharapkan kesepakatan yang lebih besar.

10. Kuwait Petroleum Corp

Produksi: 3,2 juta barel per hari

Perusahaan minyak Kuwait ini berdiri pada 1934 oleh perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Chevron dan BP. Pada 1975, perusahaan kemudian dipatenkan menjadi milik negara.

Saat ini, operasi tambang di Burgan yang merupakan lahan terbesar Kuwait dilanjutkan Chevron.

11. Abu Dhabi National Oil Co

Produksi: 2,9 juta barel per hari

Abu Dhabi merupakan pusat kekuatan Uni Emirat Arab. Posisinya yang strategis dimanfaatkan untuk membangun saluran pipa minyak ke Fujairah guna memudahkan ekspor ke luar.

12. Sonatrach

Produksi; 2,7 juta barel per hari

Gas alam mendominasi hasil produksi perusahaan energi nasional Algeria ini. Kebanyakan hasil produksinya di ekspor ke Eropa.

13. Total

Produksi: 2,7 juta barel per hari

Presiden Prancis Francois Hollande mengenakan jenis pajak baru pada inventasi minyak terhitung Juli 2012.

Dalam tanggapannya, CEO Total Christophe de Margerie mengatakan, tindakan ini akan menguras US$ 200 juta pendapatan Total pada 2012 dan mengganggu sektor penyulingan minyak yang sedang tak baik.

14. PetrobrasProduksi: 2,7 juta barel per hari

Mantan CEO Petrobas Sergio Gabrielli menyerahkan jabatan pada bos baru Maria das Gracas Silva Foster Februari lalu.

Perusahaan sedang berupaya untuk mengembangkan lahan minyak raksasa dengan kedalaman tinggi di luar negeri.

15. RosneftProduksi: 2,6 juta barel per hari

Sama dengan Gazprom, Rosneft adalah perusahaan minyak milik Russia. Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat menghadiri diskusi yang menandakan kerjasama Rosneft dan ExxonMobil untuk mengeksplorasi pantai-pantai di negaranya.

16. Iraqi Oil MinistryProduksi: 2,3 juta barel per hari

Peringkat Irak sebagai produsen minyak terbesar di dunia bisa terus meningkat karena lahan-lahan tambang raksasanya terus berproduksi.

Pengeboran tahap 2 di Qurna Barat, proyek yang dioperasikan Lukoil milik Rusia menghasilkan sekitar 13 miliar barel.

17. Qatar PetroleumProduksi: 2,3 juta barel per hari

Mayoritas produksi Qatar adalah gas alam yang tersebar ke seluruh dunia sebagai gas alam cair (LNG). Qatar menyediakan lahan gas alami terbesar di dunia yang di bawah tanah Persian Gulf dengan Iran.

18. Lukoil

Produksi: 2,2 juta barel per hari

Lukoil didirikan tahun 1991 oleh Mantan Wakil Menteri Vagit Alekperov yang masih menjalankan perusahaan hingga saat ini. Dirinya memiliki 20% saham perusahaan seharga US$ 13 miliar.

19. Eni
Produksi: 2,2 juta barel per hari

Eni adalah produsen minyak unggul di Italia. CEO Eni Paolo Scaroni dalam beberapa tahun menyusun landasan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan seperti Pdvsa, Venezuela dan Rosneft, Rusia.

20. Statoil

Produksi: 2,1 juta barel per hari

Pemerintah Norwegia memiliki 67% saham di Statoil. Investasi perusahaan di Amerika sudah mencapai lebih dari Us$ 20 miliar termasuk akuisisi Bakken-focused Brigham Exploration sebesar US$ 4,7 miliar pada 2011.

21. ConocoPhillips
Produksi: 2 juta barel per hari

Tahun ini ConocoPhillips meluaskan bisnis kilang minyaknya menyusul keinginan Phillips 66 untuk fokus pada operasi-operasi di permukaan.

22. Petroleos de Venezuela

Produksi: 1,9 juta barel per hari

Perusahaan minyak Venezuela yang lebih dikenal dengan sebutan Pdvsa ini, lebih terlihat sebagai bank pribadi Presiden Hugo Chavez yang membuat perusahaan menderita karena harus membayar program-program sosialnya. Hasil produksi sendiri sudah menurun sejak 1998.

23. Sinopec

Produksi: 1,6 juta barel per hari

Sinopec merupakan kilang minyak terbesar China. Tahun ini Sinopec menghentikan usaha shale-nya dengan Devon Energy.

24. Nigerian National Petroleum
Produksi: 1,4 juta barel per hari

Di tengah-tengah kehancuran ekonomi akibat korupsi di industri minyak negara Nigeria, Presiden Goodluck Jonathan juga diketahui melakukan korupsi pada beberapa eksekutif.

25. Petronas

Produksi: 1,4 juta barel per hari

Perusahaan minyak raksasa Malaysia membangun markasnya di menara kembar Petronas. Petronas belakangan melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri dan saat ini sedang dalam proses negosiasi dengan perusahaan gas Progress Energy Kanada untuk memperoleh dana sebesar Us$ 5,4 miliar. 
Inilah total ke 25 raksasa penghasil minyak terbesar versi MaritimeWorld 

Sabtu, 22 Maret 2014

Beda Kapa dan Perahu

Meskipun semua orang tahu perbedaan antara kapal dan perahu, ada beberapa yang sering bingung antara dua istilah. Secara teknis, ada garis tipis antara mereka dan ini mengarah ke kebingungan besar.
Sementara berbicara tentang perbedaan antara kapal dan perahu, hal pertama yang terlintas dalam pikiran seseorang adalah ukuran mereka. Secara tradisional orang menganggap sebuah kapal sebagai kapal laut besar yang terjadi, sedangkan perahu relatif cukup kecil dalam ukuran.
Untuk memahami perbedaan antara kapal dan perahu, sejumlah aspek perlu dipertimbangkan.
Disebutkan di bawah ini adalah tujuh aspek utama yang diperhitungkan untuk membedakan antara kapal dan perahu.
1. Ukuran
Aspek yang paling penting yang dipertimbangkan saat menyatakan perbedaan antara kapal dan perahu adalah ukuran. Dikatakan bahwa cara terbaik untuk membedakan antara kapal dan perahu adalah untuk mengingat bahwa "Sebuah kapal dapat membawa perahu, tapi perahu tidak dapat membawa kapal."
 Secara teknis, modus transportasi air yang beratnya setidaknya 500 ton atau di atas dikategorikan sebagai kapal. Sebagai perbandingan, kapal yang ditetapkan cukup kompak dalam ukuran struktural dan pengungsian.
2. Operasional Daerah
Perbedaan utama antara perahu dan  kapal adalah bahwa wilayah operasi mereka. Kapal adalah kapal yang beroperasi di wilayah samudera dan laut lepas. Mereka biasanya termasuk kapal pesiar, kapal angkatan laut, kapal tanker, kapal kontainer, kapal Roro, dan kapal lepas pantai. Mereka terutama dibangun untuk kargo / angkutan penumpang di seluruh lautan.
Perahu Sebaliknya, yang beroperasi di daerah air yang lebih kecil / terbatas dan termasuk mengangkut dan penarik kapal, kapal berlayar, kapal dayung, kayak, kano, kapal patroli dan lain-lain. Perahu terutama digunakan untuk tujuan yang lebih kecil dan terutama di daerah dekat pantai.
 3. Navigasi dan Teknologi
Secara teknologi, perahu dengan peralatan navigasi yang kurang rumit  dan sederhana, sedangkan  kapal, sistem Navigasi dan Teknologi yang cukup canggih dengan persyaratan pemeliharaan operasional. Karena kapal diperlukan untuk dapat dioperasikan untuk jangka waktu yang lebih lama dan waktu-perjalanan melintasi lautan, mereka diawaki menggunakan teknik canggih, mesin-mesin berat, dan sistem navigasi.
4. Awak kapal
Ini adalah salah satu perbedaan utama antara kapal dan perahu.
Kapal besar dalam ukuran dan karena itu mereka dioperasikan oleh navigator profesional terlatih dan insinyur. Sebuah kapal membutuhkan kapten untuk mengoperasikan kapal dan membimbing kru.
Di sisi lain, ukuran awak di perahu tergantung pada ukuran perahu. Hitungan satu orang atau kru penuh tergantung pada ukuran dan tujuan dari perahu.
5. Kapasitas kargo
Sebuah perahu adalah kapal kecil dan menengah, yang memiliki kemampuan membawa kargo yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kapal.
Kapal yang khusus dibuat untuk membawa kargo, penumpang atau perahu, sedangkan perahu adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai kendaraan air, terutama kapal yang digunakan untuk tujuan rekreasi atau memancing.
6. Konstruksi dan Desain
Konstruksi dan desain kapal adalah struktur rumit yang memiliki berbagai sistem mesin dan aspek merancang untuk keamanan dan stabilitas kapal.
Sebuah perahu jauh sederhana dalam konstruksi dan memiliki mesin yang lebih ringan dengan kompleksitas desain yang rendah.
7. Tenaga penggerak
Sebuah perahu dapat didukung oleh layar, motor, atau kekuatan manusia, sedangkan kapal telah mendedikasikan mesin untuk mendorong mereka. (Kapal juga dapat didorong oleh layar atau teknologi propulsi canggih)
Penggunaan istilah 'kapal' atau 'perahu' juga tergantung pada daerah yang digunakan. Orang-orang dari beberapa negara sering merujuk sebuah kapal nelayan menengah sebagai perahu, atau feri berukuran menengah atau perahu rekreasi seperti kapal. Seperti dapat dilihat, orang memiliki kecenderungan untuk menggeneralisasi kapal berdasarkan ukurannya.
Namun, untuk dicatat bahwa perbedaan antara kapal dan perahu tergantung pada sejumlah faktor seperti didiskusikan di atas.

Peran Rudder Pada Kapal

Peran Kemudi Atau Rudder Pada Kapal

Tidak dapat di sangkal bahwa kemudi memegang peranan yang sangat penting dalam pelayaran dengan sebuah kapal. Bahkan ikut menentukan faktor keselamatan sebuah kapal. Sehubungan dengan peranan kemudi tersebut di atas SOLAS ’74 melalui Peraturan 29 Bagian B Bab II – I mengenai Perangkat kemudi ( Resolusi A. 210 - VII ) menyebutkan sebagai berikut :
Bagi kapal penumpang dan kapal barang : 
  1. Kapal – kapal harus dilengkapi dengan perangkat kemudi induk ( utama ) dan perangkat kemudi bantu yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. 
  2. Perangkat kemudi utama harus berkekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan ekonomis maksimum. Perangkat kemudi utama dan poros kemudi harus di pasang sedemikian rupa sehingga pada kecepatan mundur maksimum tidak mengalami kerusakan.
  3. Perangkat kemudi bantu harus mempunyai kekuatan yang layak dan cukup untuk mengemudikan kapal pada kecepatan sekedar untuk dapat berlayar dan dipakai dengan segera dalam keadaan darurat.
  4. Kedudukan kemudi yang tepat pada kapal tenaga harus terlihat di stasiun pengemudi utama ( anjungan )
Hanya bagi kapal penumpang . 
  1. Perangkat kemudi induk harus mampu memutar daun kemudi dari kedudukan 350 di satu sisi sampai ke kedudukan 350 disisi lain selagi kapal berjalan maju dengan kecepatan ekonomis maksimum. Daun kemudi harus dapat diputar dari kedudukan 350 disalah satu sisi ke kedudukan 350 disisi yang lain dalam waktu 28 detik pada kecepatan ekonomis maksimum. 
  2. Perangkat kemudi bantu harus dapat digerakkan dengan tenaga dimana pemerintah mensyaratkan bahwa garis tengah poros kemudi pada posisi celaga berukuran lebih 9’’ ( 228,6 mm ). 
  3. Jika unit tenaga perangkat kemudi induk & sambungan – sambungannya di pasang secara rangkap yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah, dan masing – masing unit tenaga itu dapat membuat perangkat kemudi sesuai dengan syarat – syarat paragraf .
  4. Jika pemerintah mensyaratkan suatu poros kemudi yang garis tengahnya pada posisi celaga lebih dari 9” (228,6 mm) harus dilengkapi pengemudi penggant
Hanya untuk kapal Barang 
  1. Perangkat kemudi bantu harus digerakan dengan tenagadimana Pemerintah mensyaratkan garis tengah poros kemudi pada posisi celaga berukuran lebih dari 14”(355 mm) 
  2. Perangkat kemudi bantu tidak dipersyaratkan dengan ketentuan bahwa unit – unit dan sambungannya itu yang sedang bekerja secara bersama – sama memenuhi ketentuan sub paragraf (2) paragraf (a) Peraturan ini.
Jenis – jenis Kemudi 

a.Kemudi biasa 

Kemudi biasa ialah kemudi yang seluruh daun kemudinya berada dibelakang poros putar.Yang terdiri dari pelat tunggal atau anda.Kemudi biasa pelat tunggal konstruksinya terdiri dari pelat tunggal saja dan pelat ganda, kontruksi daun kemudinya terdiri dari lembaran berganda dimana kedua ujungnya dihubungkan satu sama lain sehingga didalamnya terbentuk rongga. 

Kerangka kemudi biasa dapat terbuat dari baja tempa atau pelat yang di las, kemudi pelat ganda kedua sisinya di tutupi pelat – pelat sehingga ditengahnya berbentuk rongga.

Konstruksi Kemudi biasa 

- Daun kemudi terletak 100% di belakang poros putarnya 

- Diberi kerangka untuk penguat daun kemudi 

- Selalu dilengkapi dengan kokot jantan ( Pintle ) dan kokot betina ( Gudgeon ) 

- Daun kemudi dan poros kemudi yang saling dihubungkan dengan sebuah kopling 

- Poros kemudi atas, baut penutup, baut kemudi biasa dan baut cembung putar (Taats) 

- Pada linggi kemudi terdapat Nok kemudi (Rudderstops) agar daun kemudi pada waktu di putar tidak melewati batas maksimum cikar 350 

- Di dalam kopling kemudi terdapat baji yang gunanya untukmenahandan membantu baut – baut kopling.

KERANGKA KEMUDI PLAT GANDA
b. Kemudi Berimbang
Kemudi yang daun kemudinya sebagian berada di belakang poros putar dan sebagian kecil berada di depan poros putarnya. 
Pada kemudi berimbang penuh 25 – 30 % bagian daun kemudi berada di depan poros putar, sedang sisanya berada di belakang poros putar. Pada kemudi semi berimbang bagian daun kemudi yang berada di depan poros putar lebih kecil dari 20 %.
Cara menggantikan daun kemudi di Dok : 
• Kemudi di cikar ke kiri atau ke kanan dan ditahan dengan takal di lambung 
• Baut dan flens kopling di buka 
• Kwadran kemudi dilepas atau diangkat dan di ganjal kayu 
• Baji di buka 
• Baut-baut kemudi dan baut penutup dibuka/ dilepas 
• Kencangkan tali pada blok penahan 
• Kwemudi di dorong dai bawah, sebelumnya kemudi dicikar sebaliknya. Mendorong dari bawah ini maksunya agar pelat cembungputar terlepas lalu baut cembung putarnya dilepas.

Jumat, 21 Maret 2014

Job Interview Training



Job Interview Training


Hari kamis 13 Maret 2014 Departemen PSDM HIMASISKAL mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) FTK ITS dalam menghadapi Interview. Kegiatan yang bertempat di aula BG MUNAF FTK ini diawali dengan sambutan ketua HIMASISKAL 2013-2014 ; Arif Pradana, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen JTSP ; Ir. Indrajaya Gerianto M.Sc. Pembicaranya  adalah Bapak Hery TJ (P-24) dimana beliau adalah Alumni Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) tahun 1989 yang sekarang beliau termasuk pendiri perusahaan LNS Indonesia.
Di materi pertama di sampaikan melalui diskusi dua arah, yaitu peserta boleh bertanya sewaktu – waktu. Terdapat beberapa bab dalam presentasi ini yang akan saya coba jelaskan secara singkat.
Whay do I need a job??
Tidak bisa di pungkiri alas an utama kita mencari kerja adalah Uang, tapi sebaiknya kita melihat kemampuan kita saat menentukan berapa nominal gaji kita. Career, selain uang kita juga sebaiknya melihat jenjang career kita, jagan sampai kita di gaji tinggi untuk career yang tidak jelas. Sosial status, di jaman yang serba modern ini sosial status menjadi alas an kuat dalam mencari pekerjaan. Live, di tingakat ini manusia memerlukan pekerjaan untuk menyambung hidup mereka. Dan masih banyak lagi alas an untuk mencari kerja.
What do I Want to be?
Di bab ini di jelaskan kita bekerja ini sebenarnya ingin menjadi apa?? Passion kita dimana?? Kita bisa menjadi analytical engineer, business, marketing, sales engineer, entrepreneur engineer dan lainin lain tetapi jangan sampai kita bekerja “Just a Jib” tanpa ingin menjadi apa – apan. Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, kerapun juga bekerja.
Where will we go??
Setelah lulus dari JTSP ini kita bisa memilih kerja dimana?? Kita bisa bekerja di sector manufaktur contohnya : automotive, engine part etc. atau bisa juga di Industrial sector contohnya : Mining, Power Plan, Oil and  Gas, Marine Shipping etc. dan ternyata lulusan dari JTSP bisa bekerja di Service Company, contohnya : Banking, Engine Builder, Investment etc.
Companies in Indonesia
Banyak perusahaan di Indoneisa yang menjadi jangkauan lulusan JTSP, tentukan keinginanmu berkarir dimana. Foreign Company, Multi National Company, and Local Company.
Ideal Companies
Kita harus cermat dalam memilih perusaahan tempat kita bekerja kelak, jangan sampai kita memilih perusahaan yang tidak menguntungkan kita juga. Berikut adalah ciri – ciri perusahaan yang Ideal :
·         good standing / establish company, disini saya mengartikan perusahaan yang berpondasi kuat dan sudah berdiri dengan baik.
·         High Salary – less Responsibility, perusahaan yang ideal dengan kita bisa kita nilai dari berapa gaji yang akan kita dapat dibandingkan dengan tanggungjawab yang harus kita pikul.
·         Career path, carilah perusahaan yang dimana kita berpotensi karir bagus, tinggalkanlah jika perusahaan itu mengombang ambingkan kepastian karirmu.
·         Benefit, keuntungan disini bukan hanya masalah uang, keuntungan disini dimaksudkan dalam bentuk, jaminan kesehatan pekerja, jaminan masa tua, asuransi jiwa pekerja dan lain lain.
·         Follow normal rule of Indonesia government, yang dimaksud di sini perusahaan mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan untuk perusahaan – perusahaan di Indonesia, contoh  perusahaan akan menetapkan jam kerja sesuai pereturan yang ada, jika melebihi jam kerja maka akan di beri gaji tambahan.
What should I Prepare??
Dalam sebuah wawancara sebaiknya kita jujur dalam mengisi CV kita, karena pewawancara sudah berpengalaman dalam menilai kejujuran kita, jika memang kita ingin berbohong setidaknya kita mengerti apa yang kita bohongkan. Contoh, kita bebohong telah mengikuti seminar X, sebaiknya kita belajar tentang seminar X tersebut, agar saat tiba pertanyaan, kita bisa menjawab. Lalu apa saja yang perlu kita siapkan??
1.       Education Degree. Biasanya ditanyakan berapa lama kamu menempuh kuliah?
2.       Basic Skill. Kamu termasuk tipe pekerja yang tecnikal atau perencana?
3.       Professional Sklill. Siapkan keahalian terbaikmu.
4.      Experience. Pengalaman bisa didapat dari pengalaman bekerja atau pengalaman berorganisasi. Biasanya nilai yang tinggi dalam sebuah job interfiew adalah pengalaman dalam organisasi sosial,contoh : karang taruna, panti asuhan, baksos dll.
5.       Honours. Kalo pernah berprestasi apa, sertakan di CV mu.
6.       Referensi. Disini referensi dari dosen akan berarti besar.
7.       Documen + Proff.
8.       Self Confidence. Sangat penting untuk percaya diri dan munculkan kesan “saya bisa”.
Go to Interview
Pergi ke sebuah interview hendaklah jagan asal – asalan. Berikut ini adalah tips saat pergi menuju interview.
1.       Be on time and well preparation. Dating tepat waktu, dan persiapkan semua dari awal.
2.       Be strong but low profile. Perlihatkan bahwa kamu kuat, kamu bisa, tetapi jangan sampai terlihat sombong.
3.       Clear Intonation. Sudah jelas di sini kalian harus berbicara dengan mantap dan jelas.
4.       No hard debate, keep cool, smooth discussion. Terkadang pewawancara akan memancing kita dengan berpura – pura salah, kita harus bisa untuk menyalahkan mereka tanpa dengan kata – kata yang menjatuhkan. Untuk itu diperlukan latihan.
5.       Show that you need this job. Tunjukkan kalau km memang butuh pekerjaan ini, jangan jual mahal seolah olah tidak butuh pekerjaan ini.
6.       Take a small note if necessary. Ambil secarik kertas kecil untuk mencatat apa yang sangat penting,  itu akan menunjukkan kalau kamu memperhatikan pewawancara dengan seksama.
7.       Be relax. Jangan terburu – buru. Jangan sering melihat jam seolah olah mengatakan kapanini cepat berakhir? Santai, dengarkan dengan seksama, tatap matanya.

Begini suasana waktu JIT.


Kamis, 20 Maret 2014

Sistem Bahan Bakar Pada Kapal

Sistem bahan bakar adalah sistem yang digunakan untuk mensupply bahan bakar yang diperlukan motor induk. Pada umumnya :

  1. Mesin diesel kecepatan rendah dapat beropersi dengan hampir setiap bahan bakar cair dari minyak tanah ( kerosine ) sampai minyak bunker.
  2. Mesin diesel kecepatan tinggi modern, karena singkatnya selang waktu yang tersedia untuk pembakaran pada setiap daur memerlukan minyak bakar yang lebih khusus dan lebih ringan.
Dalam dunia Perkapalan | Maritime | Klasifikasi Bahan Bakar Sebagai Berikut :

  1. MGO (Marine gasoil)
  2. MDO (Marine diesel oil)
  3. IFO (Intermediate fuel oil)
  4. MFO (Medium fuel oil
  5. HFO (Heavy fuel oil)

Sistem Bahan Bakar Pada Kapal | Fuel Oil System |

Sifat bahan bakar

Sifat berikut yang mempengaruhi prestasi dan keandalan dari suatu mesin diesel :

  1. Penguapan
  2. Residu karbon
  3. Viskositas
  4. Kandungan blerang
  5. Abu
  6. Air dan endapan
  7. Titik nyala, dan
  8. Mutu pelayanan


Untuk mesin diesel dalam skala kecil dibutuhkan penguapan bahan bakar yang tinggi dari mesin diesel besar agar didapatkan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat, suhu buang rendah, dan asap minimum. 

Residu karbon adalah karbon yangg tertinggal setelah penguapan dan pembakaran habis suatu bahan yang diuapkan dari minyak, ini menunjukkan kecenderungan bahan bakar untuk membentuk endapan karbon pada bagian mesin ( torak ) diperbolehkan residu karbon sebesar 0,1 %.
Viskositas suatu minyak dinyatakan oleh volume tertentu dari minyak untuk mengalirkan melalui lubang diameter tertentu, makin rendah jumlah detiknya makin rendah viskositasnya.

Alat untuk mengukur viskositas bahan bakar adalah viskosimeter saybolt. 
dalam sistem bahan bakar terbakar bersama minyak dan menghasilkan gas yang sangat korosif yang diembunkan oleh dinding silinder yang didinginkan, terutama kalau mesin beroprasi dengan beban rendah dan suhu silinder menurun. Korosi yang sering disebabkan oleh gas balerang sering didapati dalam sistem buang dari mesin diesel. 
Berbagai spesifikasi tidak mengijinkan kandungan balerang lebih dari 0,5-1,5%. titik nyala meruapakan suhu yang paling rendah yang harus di capai dalam pemenasan minyak untuk menimbulkan uap yang dapat terdapat dalam jumlah yang cukup untuk menyala/terbakar sesaat.

Titik nyala minimum untuk bahan bakar diesel sekitar 150 derajat fahrenhet. mutu penyalaan adalah sifat dari bahan bakar diesel yang penting, terutama pada mesin diesel putaran tinggi sangat menentukan mudahnya penyalaan dan start mesin dingin. 
Jenis pembakaran yang di peroleh dari bahan bakar dengan mutu penyalaan yang baik akan memberikan mutu operasi yang lebih halus, mutu pelayanan diukur dengan indek yang disebut angka setana, nilai bilangan ini sebagi karakteristik bahan bakar diesel serupa dengan angka oktana pada motor bensin.


Berikut adalah salah satu sistem bahan bakar dalam project guide wartsila 16V32

Wartsila 16V32 adalah motor induk yang didesain untuk menggunakan bahan bakar HFO secara kontinue. Namun, dalam keterangannya di project guide mesin ini dapat juga menggunakan beberapa jenis bahan bakar dengan spesifikasi tertentu.

Bahan bakar HFO dipompa dengan pompa yang digerakkan dengan electrik motor menuju setling tank, pompa ini disebut dengan HFO transfer pump. Dari setling tank HFO dipompa dengan HFO Feed Pump menuju HFO service tank. Pada feed pump terdapat filter dan juga heater, heater ini berfungsi sebagai pemanas sebelum bahan bakar masuk ke separator.

Dari service tank bahan bakar didorong dengan supply pump yang digerakkan secara elektris dengan menjaga tekanannya pada sekitar 4-6 bar sebelum masuk ke circulating pump, tekanan circulating pump berkisar antara 8-10 bar. 
Bahan bakar kemudian didorong masuk ke main engine melalui heater dan full flow filter, dan perlu dipastikan kapasitas circulating pump harus melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh main engine, sehingga kelebihan bahan bakar yang di supply akan kembali ke service tank melalui venting box dan de-aerating valve yang mana pada valve tersebut akan melepaskan gas dan membiarkan bahan bakar masuk kembali ke pipa circulating pump.

Pada operasi engine yang konstan, maka engine harus menggunakan heavy fuel. jika rekomendasi ini tidak dilakukan, maka akan terjadi latent risk atau kerusakan tersembunyi pada kualitas diesel oil dan heavy fuel yaitu pembentukan campuran yang tidak sempurna selama penggantian bahan bakar. Oleh karena itu tidak disarankan menggunakan diesel oil untuk operasi engine pada semua beban kerja.

Pada keadaan khusus, penggunaan diesel oil diperbolehkan dan diperlukan dan dapat dilakukan sewaktu-waktu ketika engine tidak di operasikan. Penggantian ini menjadi diperlukan untuk waktu yang yang sesaat. pada penggunaan ini, kapal disyaratkan tidak bekerja atau berhenti pada waktu yang cukup lama dengan kondisi engine dingin. kondisi ini adalah ;
  1. Saat kapal docking
  2. Berhenti selama lebih dari 5 hari
  3. Dilakukannya reparasi pada sistem bahan bakar utama
  4. Kondisi lingkungan yang terjadi.
Beberapa bagian dalam fuel oil system ;

Storage Tank
merupakan tanki yang dipergunakan untuk tempat penimbunan bahan bakar yang terletak pada engine room dan untuk pengisian dilakukan dari geladak cuaca.

Settling Tank
merupakan tanki yang digunakan untuk mengendapkan bahan bakar yang telah di pindahkan oleh transfer pump dari tanki penimbunan. lama waktu yang diperlukan untuk mengedapkan bahan bakar, ini minimal adalah 24 jam, hal ini berdasrkn class rule.

Sistem Pemanas Di Storage Tank
pada perencanaan ini, untuk pemanasan bahan bakar di storage tank menggunakan electrical heating coil. pemanasan suhu bahan bakar di storage tank mencapai 50 derajat celcius.
Transfer Pump
merupakan pompa yang digunakan untuk memindahkan fluida (fuel oil) dari tanki penimbunan ke tanki pengendapan.
Feed Pump
merupakan pompa yang digunakan untuk memindahkan fluida (fuel oil) dari tanki penimbun ( settling tank) ke tanki harian ( service tank ). pompa yang dginakan bisa jenis screw wheel atau jenis gear wheel.
Separator
pada supply system terdapat poses pemisahan air dengan bahan bakar, proses ini berlangsug di separator atau centrfuge.

Senin, 17 Maret 2014

Bouyancy

Gaya apung adalah semua gaya - gaya yang bekerja keatas pada sebuah benda yang terapung yang dihasilkan oleh tekanan dari cairan akibat gaya berat benda tersebut.
Titik pusat gaya apung pada kapal disebut titik B ( Center of buoyancy ) 
Titik B pada kapal juga merupakan titik berat dari bagian / badan kapal yang terbenam di dalam air. 
Letak titik B akan berubah ketika draft kapal berubah ataupun kapal mengalami kemiringan akibat pengaruh gaya dari luar.
Besarnya gaya apung kapal adalah sama dengan displacement kapal 


1. Letak titik B dari lunas kapal :
Untuk kapal yang berbentuk kotak :

KB = 0,5 x draft kapal


2. Untuk kapal yang berbentuk segi tiga :

KB = 0,67 x draft kapal


3. Untuk kapal yang berbentuk biasa :

KB = 0,53 x draft kapal

Daya apung cadangan adalah volume ruangan yang kedap air yang berada diatas garis air. Daya apung cadangan bisa diartikan sebagai prosentase dari total seluruh volume kapal.

Contoh Soal : 

Sebuah kapal kotak mempunyai panjang 105 m lebar 30 m dan tinggi 20 m mengapung tagak lurus di air tawar. Jika displecement kapal tersebut 19500 Ton tentukan volume daya apung cadangan ?

Jawab :

Volume displecement            = displecement : density
                                                 = 19500 / 1 = 19500 M³
Total volume kapal                 = L x B x T = 105 x 30 x 20 = 63000 M³
Daya apung cadangan          = total volume kapal – volume displacement
                                                 = 63000 – 19500
                                                 = 43500 M³

Daya apung cadangan sangat erat hubungannya dengan freeboard kapal sehingga makin besar freeboard sebuah kapal maka daya apung cadangan akan semakin besar sehingga bisa disimpulkan sbb :
  1. GM dan GZ akan semakin besar. 
  2. Jangkauan stabilitas kapal ( range of stability ) makin besar. 
  3. KB akan mengecil . 
  4. Lebar kapal pada garis deck akan menyentuh air pada sudut kemiringan yang lebih besar.

Sabtu, 15 Maret 2014

10 Pelabuhan Kontainer Terbesar Di Dunia

10 Pelabuhan Kontainer Terbesar Di Dunia

Kali ini Marine Engineering memberitahukan kepada anda semua yaitu 10 Pelabuhan Kontainer Terbesar Di Dunia.

Pelabuhan sangatlah penting sebagai tempat sandar Kapal Dan berlabuh, hiruk pikuk Kapal tanpa mengenal waktu di pelabuhan, bahkan terkadang lalulintas sangatlah padat sehingga sering kali terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tubrukan kapal.

TEU (Twenty feet Equivalent Unit) adalah satuan petikemas/kontainer dalam setiap 20 feet panjang kontainer / petikemas . 
Berikut dibawah ini adalah 10 Pelabuhan Kontainer Terbesar Di Dunia :

1. Port Of Sanghai ( China )


Pelabuhan Shanghai (Cina: 上海港; dalam bahasa pinyin: Shànghǎi gǎng), yang terletak di sekitar Shanghai, terdiri dari pelabuhan laut dan pelabuhan sungai.
Pada tahun 2010, pelabuhan Shanghai menggeser pelabuhan Singapura  menjadi pelabuhan kontainer paling padat di dunia.

Pelabuhan Shanghai menangani 29.050.000 TEUs, sedangkan pelabuhan Singapura berada di balik setengah juta TEU. Pada tahun 2012, pelabuhan Shanghai mencatat rekor bersejarah dengan menangani lebih dari 32 juta TEUs.

2. Port of Ningbo-Zhoushan (China)

Port of Ningbo-Zhoushan (China) merupakan gabungan dua pelabuhan lama, yaitu Ningbo Port dan Zhoushan Port. Penggabungan dilakukan pada tahun 2006 untuk memudahkan pengelolaan perairan di dalam satu koordinasi pelabuhan laut. Pelabuhan Ningbo sendiri senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut di dunia. 
Dengan penggabungan tersebut, secara perlahan posisinya mulai merangkak, bahkan mampu menggeser posisi Port of Singapore. 
Pelabuhan Ningbo-Zhoushan sekaligus mengakomodasi angkutan laut untuk tiga sungai utama, yaitu Sungai Yangtze, Sungai Yong, dan Sungai Qaintang. Hingga saat ini, pelabuhan tersebut masih dalam tahap perluasan dan renovasi yang akan rampung pada tahun 2014 nanti.

3. Port of Singapore (Singapore)

Pelabuhan Singapura adalah pelabuhan laut paling besar dan paling padat di kawasan Asia Tenggara. Dalam rangking dunia, Port of Singapore senantiasa menempati peringkat kedua dan ketiga sejak tahun 2008. Hebatnya lagi, Singapura merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah paling kecil. 

Pelabuhan Singapura terhubung dengan sebanyak 600 pelabuhan di seluruh dunia dan ada sebanyak lebih dari 100 negara yang berhubungan dengan pelabuhan laut Singapura. Pelabuhan ini juga difungsikan untuk mengelola kargo minyak di mana terdapat sebanyak hampir 50% minyak mentah dunia transit di Singapura.

4. Port of Rotterdam

Port of Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di Eropa, berlokasi di kota Rotterdam, Belanda. Dari tahun 1962 hingga 2002 merupakan pelabuhan tersibuk di dunia, sekarang disusul oleh pertama di Singapura dan kemudian Shanghai. 


Pada tahun 2009, Rotterdam adalah pelabuhan kontainer terbesar kesepuluh di dunia dalam hal unit setara dua puluh kaki (TEU) ditangani (2008: kesembilan, 2006: keenam). Pada tahun 2011 Rotterdam adalah pelabuhan terbesar kelima di dunia dalam hal kargo tonase tahunan. 

5. Port of Tianjin (China)
Port of Tianjin (China) terletak di sepanjang bagian ujung muara Sungai Haihe. Saat ini, pelabuhan ini telah terhubung dengan lebih dari 400 pelabuhan laut di dunia dan dikunjungi oleh kapal-kapal lebih dari 200 negara. 


Angka tersebut masih dimungkinkan untuk mengalami kenaikan hingga 4 tahun mendatang, mengingat kapasitas pelabuhan ini belum mencapai tahap optimal. Di China sendiri, Pelabuhan Tianjin merupakan pelabuhan laut terbesar ketiga dan terbesar untuk kawasan China Utara.

6. Port of Guangzhou (China)

Propinsi Guangzhou merupakan salah satu propinsi industri besar di China. Pelabuhan Guangzhou sendiri merupakan pelabuhan laut terbesar di kawasan China bagian Selatan. Saat ini, Pelabuhan Guangzhou telah terhubung dengan lebih dari 300 pelabuhan utama di dunia dan dikunjungi oleh kapal yang berasal dari lebih 100 negara. 


Keberadaan pelabuhan ini menjadi penopang bagi aktivitas perindustrian di Propinsi Guangxi, Yunnan, Hunan, dan Jiangxi.

7. Port of Qingdao (China)

Pelabuhan Qingdao terletak berselebahan dengan Sungai Kuning di Semenanjung Shandong. Letaknya pula sebenarnya bisa dikatakan di antara dua raksasa bisnis Asia, yaitu Jepang dan Korea Selatan.

Saat ini, Port of Qingdao (China) telah terhubung dengan lebih dari 450 pelabuhan laut utama di dunia dan sebanyak lebih dari 130 negara.

8. Qinhuangdao Port (China)

Pelabuhan Qinhuangdao merupakan pelabuhan utama masuk dan keluar batu baru di China selama lebih dari tiga dekade. 
Pelabuhan ini dikenal pula pelabuhan pemuatan batu bara terbesar di dunia. Hampir sebanyak 50% batu baru akan didistribusikan ke bagian Utara dan Selatan China.
9. Hong Kong Port (China)

Hong Kong merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya terpisah dari China daratan. Lokasinya cukup ideal untuk dibuatkan menjadi pelabuhan laut. Hong Kong pula termasuk berada di tengah jalur lalu lintas perdagangan dunia. 
Pelabuhan Hong Kong selama senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut terbesar versi AAPA untuk berbagai kategori. Sebelum kembali ke China pada tahun 1997, Pelabuhan Hong Kong merupakan jantung perekonomian di negara kecil tersebut.
10. Port of Busan (Korea Selatan)

Pelabuhan yang dikenal juga dengan nama Port of Pusan ini memiliki ukuran luas terbesar dari ukuran luas wilayah kota di Korea Selatan. Letaknya persis di bagian muara Sungai Naktong serta menghadap ke jalur lalu lintas perdagangan laut (Samudera Pasifik). 


Port of Busan termasuk menjadi pelabuhan penghubung di Samudera Pasifik. Kabar terakhir, pelabuhan ini akan dikembangkan perluasan dan kapasitasnya yang baru akan rampung pada tahun 2015.

Diatas Merupakan 10 Pelabuhan Kontainer Terbesar Di Dunia