Jumat, 21 Maret 2014

Job Interview Training



Job Interview Training


Hari kamis 13 Maret 2014 Departemen PSDM HIMASISKAL mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) FTK ITS dalam menghadapi Interview. Kegiatan yang bertempat di aula BG MUNAF FTK ini diawali dengan sambutan ketua HIMASISKAL 2013-2014 ; Arif Pradana, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen JTSP ; Ir. Indrajaya Gerianto M.Sc. Pembicaranya  adalah Bapak Hery TJ (P-24) dimana beliau adalah Alumni Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (JTSP) tahun 1989 yang sekarang beliau termasuk pendiri perusahaan LNS Indonesia.
Di materi pertama di sampaikan melalui diskusi dua arah, yaitu peserta boleh bertanya sewaktu – waktu. Terdapat beberapa bab dalam presentasi ini yang akan saya coba jelaskan secara singkat.
Whay do I need a job??
Tidak bisa di pungkiri alas an utama kita mencari kerja adalah Uang, tapi sebaiknya kita melihat kemampuan kita saat menentukan berapa nominal gaji kita. Career, selain uang kita juga sebaiknya melihat jenjang career kita, jagan sampai kita di gaji tinggi untuk career yang tidak jelas. Sosial status, di jaman yang serba modern ini sosial status menjadi alas an kuat dalam mencari pekerjaan. Live, di tingakat ini manusia memerlukan pekerjaan untuk menyambung hidup mereka. Dan masih banyak lagi alas an untuk mencari kerja.
What do I Want to be?
Di bab ini di jelaskan kita bekerja ini sebenarnya ingin menjadi apa?? Passion kita dimana?? Kita bisa menjadi analytical engineer, business, marketing, sales engineer, entrepreneur engineer dan lainin lain tetapi jangan sampai kita bekerja “Just a Jib” tanpa ingin menjadi apa – apan. Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, kerapun juga bekerja.
Where will we go??
Setelah lulus dari JTSP ini kita bisa memilih kerja dimana?? Kita bisa bekerja di sector manufaktur contohnya : automotive, engine part etc. atau bisa juga di Industrial sector contohnya : Mining, Power Plan, Oil and  Gas, Marine Shipping etc. dan ternyata lulusan dari JTSP bisa bekerja di Service Company, contohnya : Banking, Engine Builder, Investment etc.
Companies in Indonesia
Banyak perusahaan di Indoneisa yang menjadi jangkauan lulusan JTSP, tentukan keinginanmu berkarir dimana. Foreign Company, Multi National Company, and Local Company.
Ideal Companies
Kita harus cermat dalam memilih perusaahan tempat kita bekerja kelak, jangan sampai kita memilih perusahaan yang tidak menguntungkan kita juga. Berikut adalah ciri – ciri perusahaan yang Ideal :
·         good standing / establish company, disini saya mengartikan perusahaan yang berpondasi kuat dan sudah berdiri dengan baik.
·         High Salary – less Responsibility, perusahaan yang ideal dengan kita bisa kita nilai dari berapa gaji yang akan kita dapat dibandingkan dengan tanggungjawab yang harus kita pikul.
·         Career path, carilah perusahaan yang dimana kita berpotensi karir bagus, tinggalkanlah jika perusahaan itu mengombang ambingkan kepastian karirmu.
·         Benefit, keuntungan disini bukan hanya masalah uang, keuntungan disini dimaksudkan dalam bentuk, jaminan kesehatan pekerja, jaminan masa tua, asuransi jiwa pekerja dan lain lain.
·         Follow normal rule of Indonesia government, yang dimaksud di sini perusahaan mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan untuk perusahaan – perusahaan di Indonesia, contoh  perusahaan akan menetapkan jam kerja sesuai pereturan yang ada, jika melebihi jam kerja maka akan di beri gaji tambahan.
What should I Prepare??
Dalam sebuah wawancara sebaiknya kita jujur dalam mengisi CV kita, karena pewawancara sudah berpengalaman dalam menilai kejujuran kita, jika memang kita ingin berbohong setidaknya kita mengerti apa yang kita bohongkan. Contoh, kita bebohong telah mengikuti seminar X, sebaiknya kita belajar tentang seminar X tersebut, agar saat tiba pertanyaan, kita bisa menjawab. Lalu apa saja yang perlu kita siapkan??
1.       Education Degree. Biasanya ditanyakan berapa lama kamu menempuh kuliah?
2.       Basic Skill. Kamu termasuk tipe pekerja yang tecnikal atau perencana?
3.       Professional Sklill. Siapkan keahalian terbaikmu.
4.      Experience. Pengalaman bisa didapat dari pengalaman bekerja atau pengalaman berorganisasi. Biasanya nilai yang tinggi dalam sebuah job interfiew adalah pengalaman dalam organisasi sosial,contoh : karang taruna, panti asuhan, baksos dll.
5.       Honours. Kalo pernah berprestasi apa, sertakan di CV mu.
6.       Referensi. Disini referensi dari dosen akan berarti besar.
7.       Documen + Proff.
8.       Self Confidence. Sangat penting untuk percaya diri dan munculkan kesan “saya bisa”.
Go to Interview
Pergi ke sebuah interview hendaklah jagan asal – asalan. Berikut ini adalah tips saat pergi menuju interview.
1.       Be on time and well preparation. Dating tepat waktu, dan persiapkan semua dari awal.
2.       Be strong but low profile. Perlihatkan bahwa kamu kuat, kamu bisa, tetapi jangan sampai terlihat sombong.
3.       Clear Intonation. Sudah jelas di sini kalian harus berbicara dengan mantap dan jelas.
4.       No hard debate, keep cool, smooth discussion. Terkadang pewawancara akan memancing kita dengan berpura – pura salah, kita harus bisa untuk menyalahkan mereka tanpa dengan kata – kata yang menjatuhkan. Untuk itu diperlukan latihan.
5.       Show that you need this job. Tunjukkan kalau km memang butuh pekerjaan ini, jangan jual mahal seolah olah tidak butuh pekerjaan ini.
6.       Take a small note if necessary. Ambil secarik kertas kecil untuk mencatat apa yang sangat penting,  itu akan menunjukkan kalau kamu memperhatikan pewawancara dengan seksama.
7.       Be relax. Jangan terburu – buru. Jangan sering melihat jam seolah olah mengatakan kapanini cepat berakhir? Santai, dengarkan dengan seksama, tatap matanya.

Begini suasana waktu JIT.


0 komentar: