Kamis, 06 Maret 2014

Mengapa Pilih Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS





Dahulukala diwaktu penggalauan SNMPTN tahun 2012…..

Di sekitar bulan februari 2012 terjadi guncangan di kalangan kelas XII karena ternyata hanya beberapa siswa dari tiap sekolah yang bisa mengikuti SNMPTN Undangan di kala itu, tidak seperti sekarang yang semua siswanya bisa ikut SNMPTN Undangan, di sekolahku SMANBA, hal itu juga terjadi. Hampir semua siswa harap – harap cemas menanti keluarnya pengumuman siapa saja siswa yang berhak mengikuti SNMPTN Undangan. Ujian semester 5 sebagai sarat nilai yang di masukkan telah selesai, nilai telah di masukkan, dan usahaku sekarang hanya berdoa… dan akhirnya sekitar bulan maret keluar juga hasilnya, waktu itu sistemnya di buat peringkat parallel, ternyata di SMA ku dari 300an siswa, yang bisa ikud SNMPTN undangan Cuma 69 siswa. Yaitu yang menempati posisi parallel 1 samapai 69. Alhamdulillah waktu itu aku berada di posisi 31. Yang berarti aku bisa mengikuti SNMPTN Undangan.
Disaat tahap pemilihan jurusan tidak kalah “galau”nya. Saat itu ada kabar bahwa dalam 1 SMA di sarankan jagan ada siswa yang memilih jurusan yang sama di PTN, karena hanya akan di pilih salah satu saja, yang berarti yang satu lagi gagal. Heemm.. aku berfikir, “berarti aku tidak boleh sama pilihannya dengan yang peringkatnya di atasku” jadi aku mulai memikirkan strategi bagaimana aku bisa mendapatkan jurusan yang bagus tapi tidak sama dengan teman – temanku. Aku mulai mendata PTN dan Jurusan mana yang akan di pilih teman – temanku, ternyata hampir 30an (bisa kurang bisa lebih :D) anak memilih ITS dan mamilih jurusan yang ada di FTI (Fakultas Teknologi Industri).
Dengan bermodal internet dan pengetahuan yang minim aku mulai berselancar di dunia maya mencari informasi mengenai PTN-PTN dan Jurusannya, mulai membanding – bandingkan jurusan dan akreditasinya. Berkat ajakan dari teman – teman dan melihat potensialnya aku memilih PTN ITS sebagai pilihan PTN utamaku dan PTN UB sebagai pilihan keduaku. Lalu mulailah mencari jurusan yang cocok denganku. Karena banyak yang ke FTI ITS jadi aku menghindari FTI ITS, lalu aku melihat FTK (Fakultas Teknologi Kelautan) ITS di aku berfikir, di Indonesia 2/3 wilayahnya laut, pasti lbaguslah prospek kerjanya kalau kulaiah di fakultas ini dan juga basic orang ayahku sebagai TNI AL, yang ada hubungannya dengan laut – laut gitu.. :D . di FTK waktu itu ada 4 jurusan, yaitu  :
1.       Teknik Perkapalan
2.       Teknik Sistem Perkapalan
3.       Teknik Kelautan
4.       Teknik Transportasi Laut
Dari keempat jurusan itu aku meminta orang tuaku yang memilihkannya untukku, ortuku sebenernya menyerahkan sepenuhnya ke aku masalah memilih jurusan apa dan PTN mana, tapi aku merasa pilihan orang tua pasti menyangkut ridho mereka, dan kalau orang tua sudah meridhoi, maka Allah juga pasti akan meridhoi, maka ibuku pun memilihkan aku jurusan Teknik Sistem Perkapan. Itulah awal mula aku memilih jurusan Teknik Sistem Perkapalan FTK ITS sebagai pilihan pertamaku di susul Statistik ITS di pilihan ke duaku, lalu PTN ke 2 aku pilih UB di jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Aku juga mendftar di Politeknik Negri Malang jurusan Teknik Mesin.
Waktupun berganti bulan demi bulan berlalu, tibalah waktunya pengumuman, pengumuman pertama keluar dari Poli Teknik Negri Malang, Alhamdulillah aku di trima di sana di jurusan Teknik Mesin D3, aku sudah agak tenang karena sudah ada salah satu yang di trima, selang 3 hari kemudian pengumuman SNMPTN undangan. Saat pengumuman aku tidak tergesa2 untuk melihat hasilnya, tapi tiba tiba banyak teman – temanku yang mengucapkan selamat padaku lewat sms, kata mereka sih aku di trima di ITS dan dari 30an temanku yang mendaftar di ITS hanya ada 2 yang di trima, serasa takpercaya, maka dengan segera aku pergi ke warnet dan melihat pengumumannya, Alhamdulillah aku di trima di ITS di pilihan pertamaku, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan.
Waktu masih bergelar “Maba” angkatanku sibuk mengurusi pengkaderan, jadi aku tidak terlalu menikmati kuliah, malah aku jadi bimbang tentang kuliah di sini, tapi seiring berjalannya waktu SISKAL mulai menunjukkan ke unggulannya, SISKAL lah satu satunya jurusan di ITS yang 7 dosennya mendapat pengakuan Internasional (7 Dosen ITS Bersertifikasi Internasional) SISKAL lah satu satunya jurusan di ITS yang terdapat Double degree di dalamnya, yaitu gelar ganda (Double Degree SISKAL)  dan masih bayak lagi. (bisa dilihat di sini kelebihan SISKAL{ Perkenalan Tentang Marine Engineering (Teknik Sistem Perkapalan) yang membuatku bangga dengan jurusanku. Memang passing grade di FTK masih kalah dengan di FTI, tapi bukan berarti kualitas kita kalah. Kalau di ITB yang di unggul unggulkan tentang “pertambangan dan perminyakannya”, kalau di ITS yang di unggulkan yaitu “KELAUTANNYA”.
JALESVEVA JAYA MAHE


PS : ini alamat vidoe profil Teknik Sistem Perkapalan http://www.youtube.com/watch?v=-Lo8KwLokkg

1 komentar:

Yudistira mengatakan...

Kak udh lulus ?
Minta kontaknya dong kak ada yang mau ditanyain